Putussibau – Kepala Divisi Administrasi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) Kalimantan Barat, Hajrianor, melaksanakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) di Rumah Tahanan (Rutan) dan Kantor Imigrasi (Kanim) Kelas III TPI Putussibau. Dalam kegiatan tersebut, Hajrianor didampingi pejabat manajerial dan nonmanajerial Kanwil Kemenkumham Kalbar. Senin (21/10).
Monev diawali dengan kunjungan ke Rutan Putussibau, yang disambut langsung Kepala Rutan, Efendi Johan, beserta jajaran. Hajrianor melakukan peninjauan terhadap sarana dan prasarana yang ada, memastikan bahwa fasilitas di Rutan tersebut memenuhi standar operasional. Setelah itu, Hajrianor memberikan arahan dan penguatan kepada para pegawai dalam sesi pertemuan di aula rutan.
Dalam arahannya, Hajrianor menekankan pentingnya pelaksanaan program Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan menggarisbawahi pentingnya kedisiplinan pegawai dalam menunjang kinerja yang optimal. Selain itu, ia juga menyampaikan perkembangan terbaru terkait pemisahan fungsi keimigrasian dan pemasyarakatan dari Kementerian Hukum dan HAM, yang sedang menjadi perhatian nasional.
Pada kesempatan yang sama, Kepala Bagian Program dan Humas Kanwil Kemenkumham Kalbar, Uray Aswin Umar, menambahkan bahwa kunjungan tersebut juga mencakup pendampingan penyusunan data dukung Rencana Kerja Tahunan (RKT) Reformasi Birokrasi (RB). Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas laporan dan memastikan terwujudnya transparansi serta akuntabilitas kinerja. Selain itu, tim Kanwil juga membantu pengumpulan dan perbaikan data dukung yang diperlukan untuk unggahan dalam aplikasi E-RB, khususnya bagi data yang telah melewati batas maksimal pengunggahan.
Setelah menyelesaikan kunjungan di Rutan, Hajrianor dan tim melanjutkan kegiatan Monev di Kantor Imigrasi Kelas III TPI Putussibau. Di sambut Kepala Kantor Imigrasi Kelas III TPI Putussibau Uray Aliandri beserta jajaran, Hajrianor melakukan peninjauan langsung terhadap sarana prasarana dan memantau layanan keimigrasian. Fokus perhatian Hajrianor adalah memastikan kualitas layanan publik dan kesiapan fasilitas dalam menunjang kelancaran operasional.
Kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen Kanwil Kemenkumham Kalbar untuk meningkatkan mutu pelayanan dan tata kelola, baik di lingkungan pemasyarakatan maupun keimigrasian, guna mewujudkan reformasi birokrasi yang berintegritas dan profesional. (Foto/Narasi:Yulizar)
Dokumentasi: