Audiensi Dorong Percepatan Pendaftaran IG Tenun Cual Sambas

1 3

Sambas - Kepala Bidang (Kabid) Pelayanan Hukum  Kantor Wilayah (Kanwil)  Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Kalbar melakukan audiensi dalam rangka Rencana Aksi Percepatan Perjanjian Kinerja Tahun Anggaran 2024 mengenai drafting pembuatan buku persyaratan Indikasi Geografis (IG) untuk Tenun Cual Sambas di Kabupaten Sambas, Rabu (20/03).
berlangsung di Gedung Pertemuan Politeknik Negeri Sambas acara dibuka oleh Wakil Ketua Bidang Akademika Budi Setiawan. Dalam sambutannya Budi berharap Politeknik Negeri Sambas dapat aktif terlibat dalam penerbitan IG untuk Kain Tenun Cual Sambas.

Kepala Bidang Pelayanan Hukum Muhayan, mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan drafting IG Tenun Cual Sambas. Dirinya menekankan pentingnya IG dalam mendapatkan kepastian hukum dan memperluas pasar produk tersebut secara global.

"Ini merupakan tahun tematik Indikasi Geografis, yang menuntut perhatian lebih besar dalam mengembangkan karya cipta masyarakat melalui IG. Mengacu pada keberhasilan penerbitan IG untuk produk Kopi Liberika Kayong Utara oleh Kanwil Kemenkumham Kalbar pada tahun 2023, semoga bisa menjadi motivasi bagi penerbitan IG Tenun Cual Sambas pada tahun 2024," jelasnya.

Pelaksanaan IG didasarkan pada Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 dan Permenkumham RI Nomor 12 tahun 2019 dan tindak lanjut dari nota kesepakatan antara Kanwil Kemenkumham Kalimantan Barat dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Sambas harus dijalankan secara optimal, lanjutnya.

Menurut Muhayan manfaat dari penetapan IG, salah satunya menjaga kualitas produk dan memberikan perlindungan konsumen dari praktik persaingan curang.

"Dalam rangka mewujudkan visi dan misi Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Barat, sinergi antara pemerintah daerah dan stakeholder lainnya di Kabupaten Sambas sangatlah penting. Kedepannya kami akan terus bersinergi dengan seluruh pemangku kepentingan di Kabupaten Sambas untuk mewujudkan dan mendorong penetapan IG untuk Tenun Cual Sambas dalam Tahun Tematik Indikasi Geografis 2024," tutupnya. (Foto: Subbid KI/ Nar: Tgh)

1 31 31 31 31 3


Cetak   E-mail