Peringatan HUT Korpri ke-51 Menjadi Momentum Berkontemplasi untuk Meningkatkan Pelayanan

1 38

Pontianak - Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Ke-51 Tahun 2022, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Barat mengikuti pelaksanaan Apel Virtual dari Aula Kantor Wilayah, Selasa (29/11/2022).

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dalam tayangan video mengucapkan selamat atas HUT Korpri ke 51 dan berharap agar Korpri bersama seluruh jajaran menjadi garda terdepan dalam pelayanan kepada masyarakat.

“Korpri harus dapat merubah mind set bahwa ASN bukanlah orang yang harus dilayani namun harus menjadi pelayan masyarakat. Korpri dan ASN juga harus melahirkan inovasi baru atas permasalahan yang terjadi pada masyarakat agar keberadaanya dirasakan oleh masyarakat,” tegasnya.

Presiden juga meningatkan agar ASN dan Korpri harus bertransformasi dengan digitalisasi dan tetap menjaga kode etik profesi, menjaga standar pelayanan serta menerapkan e-goverment untuk meningkatkan kecepatan dan kredibilitas untuk kepentingan masyarakat.

Pada kesempatan ini Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian menyampaikan langsung dari Istora Senayan bahwa  HUT Korpri merupakan momen untuk berkontemplasi, merenung dan mengevaluasi kinerja layanan.

“51 Tahun mengabdi Korpri masih diterima baik oleh publik dan hal ini merupakan prestasi tersendiri bagi Organisasi Korpri. Korpri semakin dikenal oleh rakyat, banyak hal-hal positif yang sudah dikerjakan oleh organisasi ini maupun anggotanya. Seperti melayani publik, menjadi tulang punggung dan roda pemerintahan. Namun dibalik hal-hal positif tersebut kita harus memperbaiki hal yang belum sempurna,”tegasnya.

Acara ini juga dinilai Tito sebagai momentum HUT Korpri untuk berubah, "kita harus berubah dan menyesuaikan diri dengan perubahan. Ada hal yang harus kita raih yang harus kita antisipada setelah perubahan tata politik barat antara komunis dan demokrasi liberal. Kita memasuki kepada demokrasi yang lebih liberal dan lebih bebas. Ketika terjadi demokrasi maka kita harus meraih public legitimay dan public concern,”jelas Mendagri.

Restu dari publik dan mencuri perhatian publik ini adalah hal yang penting, praktik-praktik yang mempermudah rakyat harus terus dilakukan. Salah satu caranya adalah untuk meraih opini publik tersebut akan berasa dari media sosial dan citien jurnalism.

Mendagri juga berharap dalam menyongsong Indonesia emas 2045, ASN dan Korpri harus menjadi agent of change yang dapat menghasilkan angkatan kerja yang produktif memanfaatkan sumber daya alam.

Sebelumnya, Zudan Arif Fakrulloh selaku Ketua Umum Dewan Pengurus Korpri Nasional (DPKN) menyampaikan laporan Hari Puncak Perayaan Hari Ulang Tahun Korpri ke-51 diselenggarakan di Istora Senayan yang akan dimulai dengan penguatan pikiran dan batiniah dalam rangka membumikan Core Value ASN BerAKHLAK yang dipandu oleh Ari Ginanjar Agustian, Upacara HUT Korpri dan ditutup dengan kegiatan apresiasi seni dan budaya.

Kegiatan yang direlay dari Aula Kantor Wilayah ini diikuti Kepala Kantor Wilayah Pria Wibawa, Kepala Divisi Administrasi Dwi Harnanto, Kepala Divisi Pemasyarakatan Ika Yusanti, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Harniati, Para Pejabat Struktural serta JFT dan JFU di Lingkungan Kanwil Kemenkumham Kalbar. (Foto: Rezha/ Narasi: Alfian)

1 38

1 38

1 38

1 38

1 38

1 38

1 38

 


Cetak   E-mail