Tiga Manfaat Olahraga Zumba dan Bulu Tangkis, Sayang untuk Dilewatkan!

1

Pontianak - Kanwil Kemenkumham Kalbar mengikuti zumba secara virtual yang diadakan oleh persatuan senam jasmani pengayoman. Kegiatan ini diikuti dari Halaman Kantor Wilayah, Jumat (25/12).

Zumba sendiri adalah salah satu cabang olahraga yang telah populer selama beberapa tahun belakangan. Zumba adalah bentuk olahraga dengan gerakan-gerakan dari berbagai gaya tarian Amerika Latin.

Zumba kali ini dilakukan dengan menggunakan alunan musik, dansa, serta tepukan tangan. Di Kantor Wilayah sendiri zumba menjadi salah satu olahraga yang cukup menarik serta tak membosankan.

Dilansir dari Merdeka.com setidaknya ada 3 manfaat, diantanya:

1. Efektif Menurunkan Berat Badan

Manfaat zumba yang pertama efektif menurunkan berat badan. Sebuah studi kecil pada tahun 2012 telah mengunkapkan bahwa kelas zumba yang diadakan selama 39 menit maka rata-rata akan bakar kalori sekitar 9,5 kalori per menitnya.

Hal tersebut dikarenakan senam yang dilakukan secara teratur ini akan dapat mengubah kecepatan serta irama, yang akan dapat membuat tubuh berusaha menyesuaikan perubahan tersebut dan menghabiskan banyak energi.

Energi yang dikeluarkan saat zumba berasal dari kalori yang ada dalam tubuh serta cadangan lemak yang ada pada tubuh. Rata-rata orang akan dapat bakar 600 hingga 1.000 kalori di setiap jam saat mereka lakukan kelas zumba.

Jika tubuh mengatakan tak cukup kalori, maka energi yang diambil berdasarkan pada cadangan lemak yang ada di perut, paha, serta lengan. Hal ini akan dapat membuat zumba menjadi bermanfaat untuk bakar lemak yang menumpuk serta dukung metabolisme pada tubuh.

2. Sehatkan Sistem Kardiovaskular

Mengacu kepada Journal of Sport Science and Medicine, mengatakan bahwa seorang individu yang ingin meningkatkan kebugaran kardiovaskular bisa dengan melakukan 64 dan 94 persen dari detak jantung maksimum (HRmax), ukuran detak jantung maksimum seorang atlet.

40 hingga 85 persen dari kemampuan tubuh dapat menghirup oksigen secara maksimal (VO2 max), ukuran volume maksimum oksigen yang dapat digunakan seorang atlet.

Masih mengacu pada penelitian yang sama, maka semua peserta sesi zumba berada pada posisi HRmax dan VO2 max.

Mereka berolahraga rata-rata 79 persen dari HRmax dan 66 persen dari VO2 max. Ini membuat zumba menjadi latihan yang efisien dalam meningkatkan kapasitas aerobik, ukuran kebugaran kardiovaskular.

3. Bangun Daya Tahan Tubuh

Manfaat zumba untuk kesehatan berikutnya dapat membangun daya tahan tubuh kita. Dikarenakan selama adanya kelas zumba musiknya selalu keras, maka adanya gerakan pindah ke irama satu serta lainnya akan dapat bantu bangun daya tahan tubuh setelah hanya melakukan beberapa latihan.

Sebuah studi mengungkapkan bahwa setelah melakukan program 12 minggu zumba, pesertanya menunjukkan adanya penurunan denyut jantung serta tekanan darah sistolik dengan peningkatan kinerjanya.

Selain Zumba, Persatu Pengayoman Badminton Kalimantan Barat juga menggelegar latihan rutin di Vigor Sport Center, Akcaya.

Manfaat dari Olahraga Bulu Tangkis sendiri tak kalah besarnya, dilansir dari hallosehat.com manfaatnya adalah:

1. Meningkatkan fungsi kognitif otak
Main bulu tangkis bisa dibilang adalah salah satu jenis olahraga otak. Volume aliran darah akan meningkat pesat dari jantung ke otak selama Anda aktif bergerak. Ini dapat meningkatkan kerja saraf dan meningkatkan massa otak.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kemampuan nalar meningkat secara drastis pada orang yang rata-rata melakukan latihan kardio 30 menit per hari untuk setidaknya lima kali dalam seminggu. Kemampuan kognitif ini tentu dibutuhkan ketika Anda berlarian di lapangan untuk mengingat dan memodifikasi strategi, serta memprediksi serangan lawan.

2.  Menguatkan otot dan persendian tubuh 

Main bulu tangkis melibatkan banyak gerak anggota tubuh. Sebut saja otot betis, paha, bokong, panggul dan pinggul yang dipakai ketika melompat juga berlari, hingga lengan atas dan otot punggung untuk memukul bola. Terlebih olahraga ini juga dapat membentuk dan menguatkan otot inti.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kemampuan nalar meningkat secara drastis pada orang yang rata-rata melakukan latihan kardio 30 menit per hari untuk setidaknya lima kali dalam seminggu. Kemampuan kognitif ini tentu dibutuhkan ketika Anda berlarian di lapangan untuk mengingat dan memodifikasi strategi, serta memprediksi serangan lawan.

3. Mengurangi Stress.

Bulu tangkis tidak hanya memberikan manfaat kebugaran fisik, tetapi juga manfaat bagi kesehatan mental. Otak akan melepaskan hormon mood bahagia dalam jumlah banyak ketika kita berolahraga, yaitu endorfin, dopamin, serotonin, dan triptofan untuk menggantikan hormon kortisol dan epineprin, dua hormon pemicu stres.

Kesemua hormon positif ini akan bekerja sama menimbulkan perasaan senang dan mengusir stres, sehingga menciptakan pikiran-pikiran positif dan memperbaiki kualitas tidur. Itu sebabnya kenapa olahraga sering disarankan sebagai terapi tambahan untuk mengelola gejala berbagai penyakit mental. (Alfian)

1

1

1

1

1

 IMG 20221125 WA00131 

 


Cetak   E-mail