Kanwil Kemenkumham Kalbar Siap Laksanakan Arahan Sekjen

1

Jakarta - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham Kalimantan Barat siap laksanakan arahan Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM R.I. Hal ini disampaikan Kakanwil Pria Wibawa, Rabu (23/11) malam.

Sekretaris Jenderal Kemenkumham R.I Komjen Pol. Andap Budhi Revianto memberikan arahan dalam Rapat Koordinasi Pengendalian Capaian Kinerja Tahun 2022 dan Penyusunan Target Kinerja Tahun 2023 bertempat di Hotel Mercure Kemayoran Jakarta.

Dalam arahannya Andap menegaskan perlunya dasar hukum dalam pelaksanaan tugas dan fungsi Kementerian Hukum dan HAM baik di tingkat pusat maupun tingkat wilayah.

"Dalam pelaksanaan tugas dan fungsi, harus ada legal standing dan dasar hukum yang jelas. Jadi pekerjaan yang kita laksanakan dapat dipertanggungjawabkan dengan baik," tegas Andap.

Kita terbiasa bekerja tanpa arah setiap hari, hal ini perlu kita perbaiki. Dalam bekerja seharusnya ada rencana kegiatan harian, mingguan hingga bulanan, tambahnya. 

"Parameter keberhasilan, sasaran keberhasilan dan tujuan keberhasilan itu harus jelas," tegasnya.

Menurut Andap ada tiga garis besar terkait siklus manajemen kinerja, desain rencana yang baik, bekerja dengan intens dan penerapan reward and punishment.

"Desain rencana melalui adanya target, job deskripsi, tindakan dan tata kerja.Bekerja dengan intens untuk memantau, Monitoring dan Evaluasi serta Pengawasan dan Pengendalian, dan tak lupa kita terapkan Reward And punishment," jelasnya.

Pengarahan juga diberikan oleh Inspektur Jenderal Kemenkumham R.I Razilu. menurutnya Kemenkumham ibarat sebuah kapal besar, dengan banyak muatan pastinya berbagai macam cobaan yang harus dilalui dalam perjalanannya.  

"Inspektorat Jenderal terus berupaya semaksimal mungkin agar kapal besar ini tidak karam, tidak nabrak dan tidak dibocor," tuturnya.
Dalam kesempatan ini Razilu memaparkan capaian kinerja Itjen sepanjang tahun 2022.

"Berdasarkan rekapitulasi yang ada, Itjen telah melakukan 953 kegiatan (jumlah pengawasan), dengan rincian 192 audit, 138 review, 99 evaluasi, 66 Audit Tujuan Tertentu, 77 Pemantauan, 126 pendampingan dan 239 pengawasan lainnya," terang Razilu.

Ia menjabarkan capaian program unggulan Inspektorat Jenderal Kemenkumham R.Iq, diantaranya pendampingan mitra kerja strategis, 3M, Gemar Belajar dan Aktif Belajar.

"Saya mengharapkan semua jajaran dapat bekerja keras untuk memperoleh Sertifikasi Internasional ISO 37001 versi 2016 tentang Sistem Manajemen Anti Penyuapan, Penyuluh Antikorupsi (PAKSI) dan Ahli Pembangun Integritas (API) untuk mewujudkan pemerintahan kelas dunia," harapnya. 

Sementara itu ditemui setelah kegiatan pengarahan, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalbar Pria Wibawa menyampaikan jajarannya akan melaksanakan apa yang telah di instruksikan pimpinan.

"Kami jajaran Kanwil Kemenkumham Kalbar siap dan akan melaksanakan apa yang telah diintruksikan kepada kami, tentunya hal ini demi mencapai kinerja yang lebih baik lagi," ucap Pria.

Dirinya berharap kedepan Pimpinan Tinggi Pratama dan semua jajaran di Kanwil Kemenkumham Kalbar dapat saling bersinergi guna mencapai target kinerja yang telah diamanatkan negara.

"Seluruh jajaran Kanwil Kemenkumham Kalbar akan bahu-membahu guna mencapai target kinerja yang akan kita susun kali ini, semoga dengan adanya desain rencana seperti kegiatan seperti instruksi pak Sekjen tadi, kami dapat merealisasikan pencapaian dan penyerapan anggaran dengan lebih baik lagi di tahun depan," pungkas Pria.

Hadir juga dalam kegiatan ini Kepala Divisi Administrasi Dwi Harnanto, Kepala Divisi Pemasyarakatan Ika Yusanti, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Harniati, Kepala Divisi Imigrasi Tato Juliadin Hidayawan serta pendamping Kepala Bagian Program dan Humas Uray Aswin Umar dan Kasubag Program dan Pelaporan Iwan Pramori.

Dokumentasi:

8

8

8

8

8

8

8


Cetak   E-mail