Kanwil Kalbar Ikuti Workshop Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP)

1

 

Pontianak – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Barat, mengikuti kegiatan Kegiatan Workshop Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) yang diselenggarakan oleh Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia, Selasa (22/11).
Bertempat di ruang Network Operation Center (NOC) Kanwil Kemenkumham Kalbar, Pelaksana Harian (Plh) Kepala Kantor Wilayah Ika Yusanti yang mewakili Kepala Kantor Wilayah Pria Wibawa, didampingi Kepala Bagian Program dan Humas Uray Aswin Umar, Kepala Sub Bagian Program dan Pelaporan Iwan Pramori serta JFU bagian Program dan Pelaporan mengikuti secara daring.
Pada hari kedua ini, ada dua tema yang disuung yaitu Pedoman SAKIP Kemenkumham yang dipaparkan ole Widi Sutrisno dari Biro Perencanaan dan Pedoman Evaluasi SAKIP Internal oleh Ibu Titut Sulistyaningsih.
“Dengan adanya Workshop ini kita jadi tau cara mengimplementasikan SAKIP, menilai tingkat implementasi dan juga nilai akuntabilitas SAKIP,” ujar Ika Yusanti.
Kita dapat mengetahui sejauh mana implementasi SAKIP dilaksanakan, serta untuk mendorong peningkatan pencapaian kinerja yang tepat sasaran dan berorientasi hasil, maka perlu dilakukan evaluasi AKIP atas implementasi SAKIP, lanjutnya.
“Evaluasi AKIP ini diharapkan dapat mendorong setiap Unit Kerja baik pusat maupun daerah untuk berkomitmen dan secara konsisten meningkatkan implementasi SAKIP dalam mewujudkan capaian kinerja (hasil) yang telah direncanakan, Pelaksanaan evaluasi AKIP harus dilakukan dengan sebaik-baiknya untuk itu dibutuhkan suatu pedoman”, ucap Ika.
Ika menambahkan, Pedoman evaluasi AKIP dapat dijadikan panduan teknis bagi para evaluator. Pedoman ini disusun dengan maksud untuk memberikan petunjuk dalam rangka evaluasi AKIP, yang berisi tentang metode evaluasi, mekanisme pelaksanaan evaluasi, dan pelaporan hasil evaluasi.

2

 

1

1

WhatsApp Image 2022 11 22 at 10.42.05


Cetak   E-mail