Kanwil Kemenkumham Kalbar Gelar Upacara Bendera Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-94

01

Pontianak – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Barat menggelar upacara bendera Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke- 94 di halaman Kanwil Kemenkumham Kalbar, Jumat (28/10). Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Kepala Kantor Wilayah Pria Wibawa, Perwira Upacara Samuel Pangihutan Panggabean, dan Komandan Upacara Muhayan. Upacara ini diikuti oleh seluruh pejabat dan pegawai di lingkungan Kanwil Kemenkumham Kalbar.

Dalam sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga RI yang dibacakan oleh Kakanwil menjelaskan bahwa Peringatan Hari Sumpah Pemuda adalah upaya menghadirkan sejarah masa lalu untuk direnungkan, dipelajari, ditemukan kristalisasi pembelajaran kebaikan untuk dijadikan teladan dan inspirasi penggerak langkah menuju visi bangsa yang besar.

Pria juga mengatakan bahwa Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 memberikan pelajaran bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan.

Tema pada peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun ini adalah “ Bersatu Bangun Bangsa “ yang memberikan pesan medalam bahwa Bersatu padu adalah harga amti yang harus dikuatkan untuk membangun ketangguhan. Dengan ketangguhan dan persatuan menjadi kekuatan untuk melakukan pembangunan peradaban yang unggul sebagai eksistensi bangsa Indonesia. Tema ini menjadi pengejawantahan nilai agung Sumpah Pemuda dalam konteks kekinian dan yang akan datang.

“ Kita patut bersyukur melihat pemuda Indonesia telah menunjukkan banyak capaian prestasi yang membanggakan, baik di level nasional maupun pada level internasional “ujar Kakanwil.

Kakanwil juga menekankan bahwa kerja-kerja kolaboratif antar pihak perlu dikembangkan, karena upaya pembangunan pemuda tidak bisa dilakukan secara sendiri-sendiri atau parsial. Pembangunan kepemudaan membutuhkan orkestrasi yang sinkron dan harmoni.

“ Marilah kita jadikan momentum peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke-94 ini sebagai momentum untuk meningkatkan semangat kita bersama membangun bangsa. Semoga Tuhan Yang Maha Esa, Allah Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan kekuatan kepada kita bersama untuk mampu membangun persatuan bangsa dan menggapai cita-cita kejayaan Indonesia “ tutup Kakanwil Pria Wibawa.

02

02

02

02

02

02

02

02

02


Cetak   E-mail