Laksanakan Bintorwasdal, Tingkatkan Kekompakan Petugas Lapas Singkawang

1

Singkawang - Kekompakan merupakan faktor penting dalam pelaksanaan Tugas dan Fungsi Lembaga Pemasyarakatan, hal ini ditegaskan Kepala Bidang Pembinaan, Bimbingan dan TI Divisi Pemasyarakatan Eka Jaka Riswantara saat melaksanakan Pembinaan, Monitoring, Pengawasan dan Pengendalian (Bintorwasdal) di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Singkawang, Selasa (11/10).

"Petugas Lapas Singkawang harus selalu kompak dalam pelaksanaan Tugas dan Funsingnya sehari-hari. Masing-masing bagian pastinya harus bersinergi mewujudkan Lapas Kelas IIB Singkawang lebih baik lagi," ujar Eka Jaka.

Eka mengatakan petugas cukup sering menggagalkan upaya penyelundupan Barang terlarang kedalam Lapas. Melihat fenomena ini dirinya meminta petugas untuk saling bahu-membahu menjaga Lapas Kelas IIB Singkawang bebas dari narkoba.

"Kalian disini kan sudah seperti keluarga, jadi harus saling menjaga satu sama lain. Apabila ada petugas yang melenceng dari aturan kita harus saling mengingatkan. Keberhasilan suatu organisasi tidak lepas dari kekompakan setiap individu yang ada didalamnya," pesan Eka.

Sementara itu Kepala Bidang Pelayanan Tahanan, Rehabilitasi, Kesehatan, Perawatan, Lola Basan Baran dan Keamanan Herry Suhasmin yang juga turut melaksanakan Bintorwasdal menambahkan, petugas Lapas Kelas IIB Singkawang harus lebih meningkatkan kewaspadaan.

"Petugas harus selalu waspada, melihat hasil penggeledahan yang masih ditemukan senjata tajam di blok hunian. Kontrol petugas harus sering dilakukan guna meminimalisir tindakan-tindakan yang menyimpang dari Warga Binaan Pemasyarakatan," ucap Herry.

Dirinya meminta petugas untuk selalu berpedoman pada Standar Operasional Prosedur (SOP) saat melaksanakan tugas.

"Pesan saya agar semua petugas, baik itu petugas penjagaan, maupaun petugas di bidang lain untuk selalu berpedoman pada SOP, kalau itu sudah dijalankan Insyaallah tidak akan ada pelanggaran-pelanggaran yang terjadi. Ingat pesan Direktur Jenderal Pemasyarakatan kunci pemasyarakatan maju, Deteksi Dini, Berantas Narkoba dan Sinergitas dengan Aparat Penegak Hukum," tegas nya.

Selain itu tim Bintorwasdal juga melakukan sosialisasi pelaksanaan pemenuhan hak bersyarat terhadap Narapidana sesuai dengan Undang-Undang nomor 22 tahun 2022 tentang Pemasyarakatan kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dan sosialisasi tentang layanan kesehatan jiwa kepada petugas medis di Lapas Kelas IIB Singkawang.

Sementara itu Pelaksana Harian (PLH) Kepala Lapas Kelas IIB Singkawang La Ode Muhamad Masrul menyampaikan terimakasih atas kegiatan dan penguatan yang telah dilaksanan, dirinya berharap dengan bintorwasdal ini dapat meningkatkan kinerja petugas di Lapas Kelas IIB Singkawang.

"Pastinya kami ucapkan banyak terima kasih atas penguatan dan masukan-masukan yang diberikan tim Bintorwasdal Divisi Pemasyarakatan, dengan kegiatan ini dapat meningkatkan kinerja petugas disini," kata La Ode.

Pihaknya akan melakukan apa yang telah diinstruksikan dan memperbaiki hal-hal yang telah di evaluasi oleh Tim Bintorwasdal, tutupnya.

Dokumentasi:

11

11

11

11

11

11

11

11

11

11


Cetak   E-mail