Gelar Bakti Sosial Donor Darah, Bentuk Simpati Kumham Kalbar Pada Sesama

 1

Pontianak - Sambut HDKD ke-77 dengan aksi kemanusiaan, Kanwil Kemenkumham Kalbar menyelenggarakan bakti sosial donor darah di Ruangan Divisi Pemasyarakatan, Selasa (02/08/2022).

Kegiatan donor darah ini merupakan salah satu agenda dalam rangka menyambut Hari Dharma Karya Dhika Ke-77. Kegiatan ini dapat terselenggara berkat sinergitas antara Kanwil Kemenkumham Kalbar dengan PMI Kota Pontianak.

Membuka secara resmi kegiatan ini, Kakanwil Kemenkumham Kalbar Pria Wibawa mengapresiasi kepada seluruh Jajaran dari Kantor Wilayah dan Unit Pelaksana Teknis yang bersedia mendonorkan darahnya.

"Tujuan dari kegiatan ini adalah menunjukan bahwa kita sangat peduli kepada masyarakat yang membutuhkan, khususnya terkait stok darah. Kita sama-sama tahu penyebaran Covid-19 sampai saat ini masih berlangsung dan stok darah di PMI Pusat masih mengalami kekurangan. Melalui kegiatan ini semoga darah yang didonorkan dapat memenuhi kebutuhan darah bagi yang membutuhkan", tutur Kakanwil.

Antusiasme para pegawai terlihat dengan banyaknya pendaftar donor darah yang mencapai angka 82 pendaftar. Tidak sembarangan menerima darah, PMI Kota Pontianak melakukan uji kesehatan dengan tensi darah dan pengecekan hemoglobin. Pada akhirnya kegiatan bakti sosial ini menghasilkan 54 peserta donor yang dapat mendonorkan darahnya pada hari ini.

Hadir sebagai pendonor Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Struktural Kantor Wilayah serta Kepala UPT dan Jajarannya di Kota Pontianak dan Kubu Raya serta JFT dan JFU di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Barat.

Kepala Bidang Perizinan dan Informasi Keimigrasian, Tri Murni Astuti mewakili panitia penyelenggara bersyukur atas kerjasama yang baik dengan PMI Kota Pontianak dan berterimakasih kepada seluruh pendonor yang hadir.

"Syukur Alhamdulillah kegiatan ini berjalan dengan lancar. Terimakasih kepada PMI Kota Pontianak, para pendonor serta panitia yang turut serta menyukseskan acara ini. Semoga upaya yang telah kita lakukan hari ini menjadi manfaat bagi banyak pihak. Setetes darah pendonor adalah penyambung nyawa bagi orang lain", tutupnya.

Tidak lupa dirinya juga mengatakan untuk menjaga keseimbangan gizi, panitia menyiapkan konsumsi seperti bubur kacang hijau, telur rebus, susu hingga biskuit.

Virgo selaku perwakilan dari tim medis PMI Kota Kota Pontianak sangat berterima kasih atas kegiatan yang diselenggarakan oleh Kanwil Kemenkumham Kalbar. Pasalnya, berdasarkan informasi darinya stok darah di PMI Kota saat ini cadangannya masih sedikit.

"Mewakili PMI Kota Pontianak kami sangat mengapresiasi inisiasi yang baik ini, semoga kegiatan ini dapat rutin diselenggarakan karena darah merupakan kebutuhan yang krusial bagi yang membutuhkan", terangnya.

Tidak sembarangan, ia menyampaikan bahwa seluruh kantung darah yang berhasil dikumpulkan akan diseleksi melalui uji laboratorium untuk mendapatkan darah yang ideal sesuai dengan standar yang ada.

Kantung darah yang berhasil dikumpulkan akan di distribusikan kepada Rumah Sakit di Kota Pontianak. (Foto/Nar: Alfian)

Dokumentasi:

1

1

1

1

1

1

1

1

1

1

1

1

1


Cetak   E-mail