Sidak Dua UPT, Kakanwil Tekankan Inovasi dan Corporate University Semakin Dibudayakan

1

Pontianak - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Barat, Pria Wibawa didampingi Kepala Divisi Pemasyarakatan, Ika Yusanti, melakukan kunjungan secara mendadak ke Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Pontianak, Minggu (15/05/2022).

“Mulai hari pertama saya kerja pada Jumat (13/05/22) saya memberikan penguatan secara langsung kepada seluruh Kepala UPT di Lingkungan Kanwil Kemenkumham Kalbar. Pada hari ini saya melakukan kunjungan secara mendadak untuk menginventarisir kendala yang dihadapi dan memberikan solusi,” jelas Kakanwil

Disambut Kepala Rutan Pontianak Sumaryo, Kunjungan dimulai dengan meninjau langsung kondisi blok hunian dan sarana serta prasarana bagi WBP seperti tempat ibadah, kebutuhan air bersih hingga ruang terbuka hijau.

Kakanwil juga berkesempatan meninjau inovasi dibidang IT terkait dengan pelaporan kondisi blok hunian dengan nama Sistem Kontrol Keliling (Sikoling) dengan tujuan untuk mengontrol keamanan di lingkungan Rutan Pontianak agar keamanan dan ketertiban Rutan Pontianak semakin meningkat.

“Saya mengapresiasi Kepala Rutan Pontianak yang telah melaksanakan SOP dengan baik dan menginstruksikan inovasi yang ada di Rutan Pontianak terkait monitoring keamanan untuk dapat di-review lebih lanjut dan diadaptasikan kepada UPT Pemasyarakatan lainnya untuk keseragaman monitoring blok hunian yang lebih efektif dan efisien,” himbaunya.

Kakanwil juga memberikan masukan terkait kesempatan mendapatkan ruangan yang lebih wajar bagi WBP harus dipertimbangkan karena ia menilai kondisi ini akan memudahkan kegiatan pembinaan kepada WBP.

Bertolak dari Rutan Pontianak, Kakanwil beserta Jajaran menuju Rudenim Pontianak. Kakanwil disambut langsung oleh Kepala Rudenim Pontianak Agus Suharto beserta Jajaran.

Pria Wibawa menanyakan terkait jumlah deteni dan asalnya serta meninjau langsung kondisi sarana dan prasarana serta melihat sarana dan prasarana yang ada di Rudenim Pontianak.

Kegiatan dilanjutkan dengan pengarahan di Ruangan Rapat Lantai Dua Rudenim Pontianak. Kakanwil menginstruksikan kepada Jajaran di Rudenim Pontianak untuk selalu melakukan koordinasi setiap minggunya membahas terkait efektifitas anggaran dan penyelenggaraan tugas dan fungsi di Rudenim Pontianak.

Kepala Kantor Wilayah di Rudenim menegasakan agar budaya Corporate University dibiasakan. “Rapat dapat dilakukan secara informal namun secara efektif dan efisien dapat memberikan ide-ide dan inovasi baru dalam rangka tugas dan fungsi pada Rudenim Pontianak,“ jelasnya.

Pria Wibawa juga memastikan terkait dengan kendala apa saja yang dihadapi Rudenim Pontianak agar secepatnya diberikan solusi praktis yang efektif sehingga pelayanan tugas dan fungsi di Rudenim dapat berjalan lebih optimal lagi. (Narasi & Foto: Alfian)

Dokumentasi:

1

1

1

1

1

1

1

1

1

1


Cetak   E-mail