Peringati HBP Ke-58, Ziarah dan Tabur Bunga sebagai Momen Mengenang Jasa Para Pahlawan

1

Pontianak - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Barat Fery Monang Sihite pagi ini, Rabu (20/04/22) memimpin ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Dharma Patria Jaya, Kubu Raya.

Kegiatan ini merupakan rangkaian dari Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-58. Hadir juga pada kegiatan ini Kepala Divisi Pemasyarakatan Ika Yusanti serta Kepala Unit Pelaksana teknis (UPT) se-Kota Pontianak.

Diawali upacara ziarah, kegiatan ini secara khidmat diikuti oleh seluruh jajaran. Puncak upacara ziarah tersebut ditutup dengan peletakan karangan bunga di monumen TMP sebagai bentuk penghormatan kepada arwah pahlawan.

Selanjutnya Para Pimipinan Tinggi beserta Kepala UPT dan jajaran menaburkan bunga di makam Para Pahlawan. Kakanwil mengatakan bahwa kegiatan ini dimaksudkan untuk memotivasi insan Pemasyarakatan untuk selalu semangat bekerja keras seperti para pahlawan yang telah mendahului.

“Para syuhada bangsa yang telah gugur demi meraih kemerdekaan memberikan motivasi tersendiri untuk kita terus bekerja keras. Kegiatan ini membuktikan bahwa Insan Pemasyarakatan di usia yang ke-58 sebagai usia yang tidak muda lagi, tentunya diharapkan insan pemasyarakatan semakin pasti dan berakhlak, mewujudkan Indonesia Maju ,” tegas Kakanwil.

Ika Yusanti juga menambahkan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk mengenang jasa Para Pahlawan yang telah berjuang memberikan kemerdekaan sehingga Bangsa Indonesia dapat berkarya dan membangun Bangsa. Terutamanya kepada Almarhum Sahardjo yang telah meletakan dasar-dasar Pemasyarakatan dalam pidatonya saat menerima penganugerahan gelar Doctor Honoris Causa oleh Universitas Indonesia pada tanggal 5 Juli 1963.

“Gagasan yang dicetuskan adalah pemasyarakatan sebagai tujuan pemidanaan, istilah ini ditindak lanjuti oleh seluruh Direktur Bina Tuna Warga yang menangani kepenjaraan di Seluruh Indonesia yang melaksanakan Konferensi di Lembang, Bandung. Pada saat itulah lahir Sistem Pemasyarakatan yang tepatnya jatuh pada tanggal 27 April 1964 ,” jelas Ika. (Nar/Foto: Alfian)

Dokumentasi:

1

1

1

1

6

1

1

1

1

1

 


Cetak   E-mail