Siap Capai Efektivitas Kinerja Anggaran Triwulan II dengan Komitmen, Koordinasi dan Kolaborasi Bersama

1

Pontianak - Dalam rangka kegiatan monitoring dan evaluasi Indikator Pelaksanaan Anggaran, Kanwil Kemenkumham Kalbar menggelar Rapat Evaluasi Kinerja dan Anggaran Triwulan I Tahun Anggaran 2022, Selasa (19/04).

Hadir Secara Langsung Kepala Kantor Wilayah Fery Monang Sihite, Kepala Divisi Administrasi Dwi Harnanto, Kepala Divisi Pemasyarakatan Ika Yusanti serta Pejabat Struktural di Aula Lantai Dua Kantor Wilayah.

Kakanwil dalam arahannya mengatakan capaian kinerja Kanwil Kemenkumham Kalbar harus dipacu dengan lebih baik lagi. Ia mengatakan usulan perencanaan kegiatan yang dibuat harus sesuai dengan kalender kerja. “Kita harus melihat kembali kalender kerja terkait program atau kegiatan apa saja yang harus kita capai. Saya juga mengingatkan dalam kesempatan ini mengenai pelaksanaan anggaran harus berjalan dengan konsep yang sesuai money follows the function yaitu pengalokasian anggaran harus didasarkan pada fungsi masing-masing,” tegas Kakanwil.

Fery juga mengingatkan untuk memaksimalkan evaluasi dan capaian kinerja anggaran harus berawal dari komitmen yang sungguh-sungguh dari hati yang terdalam. “Berikan capaian kinerja membanggakan melalui komitmen yang kuat, salah satunya melalui kinerja anggaran yang terbaik. Tetap Semangat, jangan pernah lelah untuk memperbaiki dan memberikan yang terbaik di sisa waktu yang ada sampai akhir Tahun”, tambahnya

Sebelumnya Kepala Divisi Administrasi Dwi Harnanto melaporkan bahwa kegiatan evaluasi ini menjadi sangat penting untuk melihat devisiasi atau kesenjangan antara yang telah direncanakan dengan hasil yang telah dicapai dalam hal anggaran. “Kita juga akan melihat hambatan atau permasalahan yang terjadi dan untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan anggaran dengan melihat output, outcome dan benefit sesuai dengan harapan,” ucap Dwi.

Ia juga mengatakan bahwa evaluasi ini merupakan bagian dari Sistem Pengendalian Internal (SPI). Hal ini mempertimbangkan karena efektivtas SPI merupakan salah satu satu pertimbangan opini BPK atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP). Dwi juga menambahkan bahwa pada tanggal 11 April 2022 urutan penyerapan anggaran Kanwil Kemenkumham Kalbar berada pada posisi 17 dari seluruh provinsi. “Melalui kegiatan ini diharapkan kedepan lebih baik lagi dan dipacu dengan Koordinasi dan Kolaborasi dalam mengisi capaian output dengan baik,” tutupnya.

Selanjutnya Hendri Budi Iskanto selaku Kepala Sub Bagian Pengelolaan Keuangan dan BMN menjelaskan 4 (empat) komponen penting dalam pelaksanaan anggaran. Mulai dari Perencanaan, Pelaksanaan, Pertanggungjawaban dan Pelaporan. Ia menambahkan bahwa pada 31 Maret 2022 capaian penyerapan anggaran adalah 17.30% atau Rp 42.470.560.362 “Target pada Triwulan 1 adalah 18% atau 44.127.993.960 dan kedepannya semoga menjadi lebih baik lagi”, jelasnya

Hendri menyampaikan keterangan dari 9 Daftar Isian Pagu Anggaran (DIPA) yang ada di Kantor Wilayah mengenai keterangan detail mengenai jumlah realisasi dan sisa besaran anggaran jenis belanja pegawai, barang dan modal.

Ia juga menyampaikan penyebab terlambatnya pelaksanaan anggaran dan solusi yang disampaikan yakni, segera melakukan identifikasi kegiatan yang tidak bisa dilaksanakan, peningkatan kedisiplinan pertanggungjawaban, Melaksanakan percepatan realisasi anggaran, melakukan penyesuaian Halaman III DIPA dan tingkatkan ketepatan waktu pembayaran tagihan belanja.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi mengenai penjelasan kendala yang dihadapi dan strategi pelaksanaan anggaran pada Triwulan II oleh setiap Bidang dan Bagian dari Kantor Wilayah. (Foto & Narasi: Alfian)

Dokumentasi:

1

1

1

1

1

1

1

1

1

1

 


Cetak   E-mail