Lanjutkan Kunjungan Kerja, Stafsus dan Irwil I Kunjungi 3 UPT di Kota Pontianak

1

Pontianak- Staf Khusus Menteri Hukum dan HAM Bidang Hubungan Luar Negeri, Linggawaty Hakim, bersama dengan Inspektur Wilayah I Kementerian Hukum dan HAM RI, Icon Siregar, melanjutkan kunjungan kerja dengan mengunjungi Lapas Pontianak, Kanim Pontianak dan Rutan Pontianak, Selasa (12/04).

Stafsus, Irwil I dan rombongan didampingi oleh para Pimpinan Tinggi Pratama dan Kepala Bagian Program dan Humas Kanwil Kemenkumham Kalbar ketika mengunjungi Lapas Pontianak.

Plt. Kalapas Pontianak, Ardian Setiawan, bersama pejabat struktural Lapas Pontianak menerima langsung kedatangan rombongan kunjungan kerja. Stafsus dan Irwil I mengunjungi Lapas Pontianak dalam rangka meninjau proses rehabilitasi para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Pontianak. Turut hadir mendampingi dr. Teguh ASWS sebagai dokter dari tim medis Lapas/Rutan Pontianak.

Selanjutnya rombongan mengunjungi bengkel kerja guna melihat hasil karya WBP yang dihasilkan selama dibina di Lapas Pontianak. Linggawaty dan Icon tak lupa juga memberikan pengarahan serta penguatan kepada para WBP Lapas Pontianak. Icon juga turut memberikan ceramah kerohanian saat berkunjung kedalam gereja Lapas Pontianak.

Linggawaty menilai secara umum Lapas Pontianak memiliki fasilitas yang bagus dan memberikan pelatihan yang baik bagi WBP.

“Secara umum Lapas Pontianak ini sudah bagus, wilayahnya bersih, besar dan cukup memadai. Kami juga melihat para WBP cukup produktif saat kami lihat di ruangan kegiatan kerja serta. Kunjungan ini sangat berkesan, kami melihat grup yang sedang di rehabilitasi kita berikan semangat dan motivasi untuk siap kembali bergabung dengan masyarakat luas. Ditambah lagi dengan kegiatan kerohanian terlihat sangat memadai dilihat dari kekhusyukan dari para WBP terlihat harapan. Pertahankan hal yang sudah bagus ini,” jelasnya.

Kunjungan dilanjutkan dengan mengunjungi Kanim Pontianak. Rombongan disambut tarian tradisional setelah memasuki area kantor. Di Kanim Pontianak, selain Pimti Pratama, turut hadir juga Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalbar, Fery Monang Sihite, mendampingi Staff Khusus Menteri dan Inspektur Wilayah I.

Didampingi Kakanim Pontianak, Iwan Irawan, rombongan berkeliling memantau jalannya pelayanan di Kanim Pontianak. Kegiatan dilanjutkan dengan arahan dari Kakanwil Kemenkumham Kalbar yang dihadiri seluruh pegawai Kanim Pontianak di Aula Kanim Pontianak.

Kakanwil dalam arahannya mengatakan bahwa kedatangan Stafsus dan Irwil I merupakan suatu kebanggan bagi Kanwil dan UPT dibawahnya. Motivasi, penguatan dan arahan yang disampaikan oleh Stafsus akan segera ditindaklanjuti supaya apa yang menjadi beban kerja dan catatan dari Stafsus bisa segera diwujudkan dengan baik dan optimal.

Kakanwil juga sepakat dengan apa yang disampaikan oleh Irwil I menyangkut tuntutan layanan masyarakat dalam era yang serba sudah berubah bahwa Kanwil dan UPT harus melakukan inovasi. Inovasi tidak cukup hanya dukungan sarpras, yang paling penting adalah perubahan mindset.

Terakhir, Kunjungan Kerja dilanjutkan ke Rutan Pontianak. Disambut dengan baik oleh Kepala Rutan Pontianak, Sumaryo beserta jajaran. Kunjungan diawali dengan pemantauan langsung dari Blok Hunian WBP serta peninjauan sarana dan prasarana. Para WBP kemudian dikumpulkan untuk mendengarkan penguatan yang diberikan oleh Stafsus dan Irwil 1.

Mengawali penguatan, Icon Siregar mencairkan suasana dengan bernyanyi dan memberikan semangat untuk selalu memanfaatkan waktu yang diberikan untuk memperbaiki diri mulai dari hari ini. Haraannya semoga dikemudian hari akan mendapatkan kebahagiaan dan memberikan manfaat bagi orang lain.

Linggawaty kemudian menyampaikan salam dari Menteri Hukum dan HAM dan menyampaikan doa kepada WBP agar tetap sehat dan mampu menjalankan ibadah di Bulan Suci Ramadan dengan lancar.

Kepada petugas di Rutan Icon juga mengingatkan untuk terus peduli dan memberikan perhatian yang humanis dan menjaga dengan maksimal, terutama menjelang Hari Raya ia berpesan untuk terus menjaga keamanan sampai dengan kebersihan fasilitas umum bagi WBP.

Linggawaty juga mengatakan bahwa dalam kunjungannya ini akan melakukan pendekatan secara langsung kepada UPT. Ia mengatakan dengan hal ini permasalahan pelaksanaan pelayanan dan reformasi birokrasi di daerah dapat secara konkrit ditinjau langsung dan di inventarisir kendala yang dihadapi untuk disampaikan selanjutnya kepada Pimpinan di Pusat.

Menutup kegiatan, Kakanwil menyampaikan terimakasih atas penguatan dan arahan yang diberikan akan menjadi sesuatu yang sangat berharga bagi jajaran di Kantor Wilayah dan UPT. Fery juga mengingatkan apabila kita menjalani tugas dengan niatan untuk ibadah maka niscaya Allah SWT akan memberikan rezeki dan takdir yang baik untuk kita sesuai dengan kebutuhan yang diberikan Tuhan. (Narasi: Alfian)

Dokumentasi:

1

1

1

1

1

1

1

1

1

1

1

1

1

1


Cetak   E-mail