Respon Cepat Kakanwil Periksa 3 Pegawai atas Pelarian Tahanan Rutan Putussibau

DSC01465

Pontianak - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Barat, Fery Monang Sihite merespon cepat pelarian Tahanan yang terjadi di Rumah Tahanan Negara (Rutan) kelas IIB Putussibau pada minggu pagi.

Dirinya langsung menarik tiga pegawai Rutan Kelas IIB Putussibau yang dianggap bertanggung jawab atas terjadinya pelarian ini, mereka adalah Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan (Ka. KPR) yang sekaligus menjadi Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Rutan Putussibau, Komandan Jaga dan Petugas Pengamanan Pintu Utama (P2U) yang melaksanakan tugas saat pelarian terjadi.

“Kami segera lakukan penarikan kepada KPR yang sekaligus Plt. Kepala Rutan, Komandan jaga dan petugas P2U yang saat itu bertugas, penarikan mereka ke kantor Wilayah guna dilakukan pemeriksaan dan pengumpulan keterangan-keterangan terkait pelarian yang terjadi di Rutan Putussibau,”jelas Fery.

Fery menambahkan pihaknya tidak akan segan-segan memberikan sanksi berat apabila ada keterlibatan atau kelalaian petugas sehinggga tahanan bisa melarikan diri.

“Apabila setelah dilakukan pemeriksaan ada keterlibatan petugas dalam pelarian ini, maka kami akan menjatuhi sanksi berat pada mereka sesuai dengan Peraturan Perundang-undangan yang berlaku. Tidak ada toleransi bagi petugas yang melakukan pelanggaran,” tegasnya.

Ketiga pegawai tersebut saat ini dinonaktifkan dari jabatannya, dan dilakukan pemeriksaan di Kanwil Kemenkumham Kalimantan Barat, untuk sementara Kakanwil menunjuk Kasi Binadik Lapas Sintang untuk menjadi Pelaksana Harian (PLH) Kepala Rutan kelas IIB Putussibau.

Saat ini menurut Fery, petugas Rutan Putussibau bekerja sama dengan kepolisian sedang melakukan pengejaran dan pencarian Tahanan yang kabur atas nama Dendi Irawan yang merupakan tersangka dalam perkara dugaan tindak pidana korupsi pembangunan terminal Bunut Hilir wilayah Kapuas Hulu.

“Respon pertama dan utama yang kami lakukan adalah melakukan pengejaran bekerjasama dengan kepolisian setempat, dengan keterbatasan petugas yang ada di Rutan Putussibau kami terus berupaya mencari tahanan hingga ditemukan,” ucap Fery.

Kakanwil juga menghimbau kepada masyarakat apabila ada menemukan atau melihat sesorang dengan ciri-ciri sama dengan Dendi Irawan, untuk segara melaporkan ke Rutan Putussibau ataupun Kepolisian. (Nar : tgh)


Cetak   E-mail