BIMBINGAN TEKNIS PENYULUHAN HUKUM TINGKAT LANJUTAN KEMENTERIAN HUKUM DAN HAM KALIMANTAN BARAT TAHUN 2013

luhkum1Pontianak_salah satu bentuk penyebarluasan Informasi dan Pemahaman terhadap Norma Hukum dan Peraturan Perundang-Undangan yang berlaku melalui Penyuluhan Hukum. Keutamaan dalam memberikan Informasi terhadap masyarakat berguna untuk mewujudkan dan mengembangkan kesadaran Hukum bagi masyarakat sehingga tercipta Budaya Tertib dan Taat terhadap Norma Hukum demi tegaknya Supremasi Hukum.

Untuk itu Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Barat menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyuluhan Hukum Tingkat Lanjutan yang dilaksanakan selama 3 hari dimulai dari tanggal 03 s/d 05 Juni 2013 bertempat di Hotel Kapuas Palace Pontianak. Kegiatan ini diikuti sebanyak 40 orang peserta yang berasal dari jajaran Pemerintah Daerah se-Kalbar, anggota kelompok dari Desa Binaan/ Desa Sadar Hukum, Organisasi Kemasyarakatan, Perguruan Tinggi, Aparat tingkat Kelurahan dan Jajaran Kantor Wilayah, dengan narasumber Pejabat Badan Pembinaan Hukum Nasional Kementerian Hukum dan HAM RI, Pejabat Pemerintah Daerah Provinsi Kalimantan Barat, Dosen dari Perguruan Negeri Pontianak, Pejabat LPP RRI Pontianak dan Pejabat Kanwil Hukum dan HAM Kalimantan Barat.

Bimtek Penyuluhan HukumTingkat Lanjutan dibuka oleh Plh. Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Barat Bapak Edy Gunawan, SH.,MH, sekaligus membacakan sambutan Kepala Kantor Wilayah menyampaikan bahwa dengan diselenggarakannya kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas Penyuluh Hukum yang ada baik dari Instansi Pemerintah, Organisasi Kemasyarakatan, Pemuda dan Mahasiswa serta anggota Keluarga Sadar Hukum, oleh karena itu metode Penyuluhan Hukum melalui pendekatan Persuasif, Edukatif, Komunikatif, Akomodatif dan Interaktif sangat perlu untuk diterapkan oleh semua tenaga Penyuluh Hukum.

Lebih Lanjutan Edy Gunawan mengungkapkan bahwa banyak hal dan masalah yang berkaitan dengan Hukum yang sedang berkembang saat ini, menjadi tugas dan tanggung jawab kita semua untuk menanggulanginya. Ditekankan juga bahwa Pembangunan Hukum harus diarahkan pada perwujudan masyarakat yang mempunyai kesadaran dan Budaya Hukum yang tinggi dalam rangka mewujudkan Negara Hukum, serta penciptaan Kehidupan Masyarakat yang adil dan Demokratis.

Pembukaan Bimtek Penyuluhan Hukum Tingkat Lanjutan dihadiri oleh perwakilan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Barat, perwakilan para Kepala Divisi, para Pejabat Struktural Eselon III dan IV jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalbar dan Narasumber Bimtek Penyuluhan Hukum Tingkat Lanjutan.(narasi & Ft Humas@Kanwil)

IMG 2461

luhkum 2482

 

sumber : Divisi Pelayanan Hukum dan HAM

 


Cetak   E-mail