BPHN Mengasuh di SDN 53 Kabupaten Kubu Raya, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa

WhatsApp Image 2023 03 21 at 09.33.15

Kubu Raya-Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) Kanwil Kemenkumham Kalimantan Barat mengadakan kegiatan BPHN Mengasuh di SDN 53 Kabupaten Kubu Raya pada hari Senin, 20 Maret 2022, pukul 09.00 WIB – 12.00 WIB. Kegiatan dihadrii JFT Penyuluh Hukum kanwil Kalbar dan sebagai  narasumber Dini Ardianti selaku Penyuluh Hukum Ahli Madya, Untung Wibawa selaku Penyuluh Hukum Ahli Muda, Utin Putri Novi Lestari selaku Penyuluh Hukum Ahli Muda, Zainiansya selaku Kepala Sekolah SDN 53 Kabupaten Kubu Raya, serta siswa dan siswi SDN 53 Kabupaten Kubu Raya.

Kegiatan diawali dengan sambutan dari Kepala Sekolah SDN 53 Kabupaten Kubu Raya, Zainiansya, yang menyampaikan perkenalan, serta ucapan selamat datang dan terimakasih atas kehadiran Kanwil Kemenkumham Kalimantan Barat. Harapannya kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran hukum para peserta didik. Materi pertama disampaikan oleh Dini Ardianti selaku Penyuluh Hukum Ahli Madya, yang menekankan pentingnya pembinaan hukum sejak masuk bangku pendidikan.

Dalam kegiatan ini, Dini Ardianti memutar video keynote speak Kepala BPHN, yang menyampaikan materi hukum termasuk pemahaman tentang sanksi hukum serta dampaknya jika dijatuhkan kepada si pelanggar hukum dan nilai-nilai Pancasila yang mengajarkan kerukunan dan kedamaian dalam keberagaman, sebagai tindakan preventif dan persuasif untuk mencegah anak-anak melakukan kejahatan dan budaya kekerasan.

Untung Wibawa selaku Penyuluh Hukum Ahli Muda menyampaikan bahwa ancaman pidana terhadap kasus pidana anak, seperti tawuran, perundungan, narkoba, pencurian, pembunuhan, serta kekerasan seksual. Harapannya para pelajar lebih memahami nilai-nilai luhur Pancasila serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Dalam kegiatan ini juga disampaikan tentang profil pelajar Pancasila, yaitu profil pelajar yang menguatkan nilai-nilai luhur Pancasila, seperti beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, berkebhinekaan global, mandiri, bergotong royong, bernalar kritis, dan kreatif.

Kanwil Kemenkumham Kalimantan Barat berharap dapat terus melakukan sinergi dengan berbagai sekolah untuk memberikan pengetahuan hukum kepada siswa dan siswi sebagai generasi penerus bangsa. Kegiatan BPHN Mengasuh di SDN 53 Kabupaten Kubu Raya ini merupakan salah satu upaya dalam rangka meningkatkan kesadaran hukum di kalangan pelajar dan masyarakat.(Foto/Narasi:Yulizar)

 Dokumentasi:

WhatsApp Image 2023 03 21 at 17.01.45

WhatsApp Image 2023 03 21 at 09.33.07

WhatsApp Image 2023 03 21 at 17.02.01

WhatsApp Image 2023 03 21 at 17.01.09

 

 


Cetak   E-mail