Kakanwil Kalbar Ikuti Senam Dalam Rangka Mewujudkan Kumham Sehat Kumham Produktif

 DSC4255

Pontianak - Senam termasuk salah satu jenis dan cabang olahraga yang diakui di Indonesia dan seluruh dunia. Olahraga satu ini sangat populer sebab gerakannya mudah untuk dilakukan, menyenangkan, dan tentunya bermanfaat untuk tubuh. 

Senam menjadi pilihan banyak orang karena termasuk olahraga tanpa alat yang kemudian bisa dilakukan di banyak tempat. Baik itu di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Selain itu bisa dilakukan sendiri maupun dilakukan bersama dengan banyak orang.

Dalam rangka Mewujudkan Kumham Sehat Kumham Produktif, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalbar Pria Wibawa, bersama para pejabat dan pegawai Kanwil Kemenkumham Kalbar mengikuti senam virtual yang juga dirangkaikan dengan olahraga tenis meja di Aula Kanwil, Jumat (03/02). Ditempat terpisah, tepatnya di Lapangan Olahraga Vigor, pegawai Kanwil Kemenkumham Kalbar juga melaksanakan olahraga badminton yang rutin dilaksanakan setiap hari Jumat.

Senam dapat diartikan sebagai bentuk latihan fisik yang paling sederhana dan merupakan salah satu jenis olah raga yang mempunyai beragam variasi dan manfaat, baik bagi fisik, maupun mental dan sosial. Sebab, orang yang melakukannya cukup menggerakkan dan meregangkan anggota tubuhnya. Senam yang dijalankan pada pagi hari tentu berdampak baik bagi kesehatan, sekaligus melatih stamina agar tubuh tidak mudah merasa lelah.

Berikut ini adalah beberapa manfaat senam:

  • Memperkuat otot

Meski senam biasa dilakukan dengan gerakan sederhana, ternyata gerakan tersebut mampu menjadikan otot untuk menjadi lebih kuat.

Tentu untuk mendapatkan otot yang kuat tidak bisa dengan secepat kilat, melainkan harus melalui latihan rutin, sehingga kekuatan otot akan terbentuk.

  • Menghilangkan stres

Senam bisa menghilangkan stres, karena senam merupakan olahraga yang ringan dan menyenangkan. 

Seperti yang diketahui, olahraga teratur, baik itu senam ataupun olahraga lainnya dapat menurunkan hormon kortisol dan epineprin, di mana keduanya merupakan hormon depresan yang menyebabkan depresi.

  • Manfaat lain

Masih ada manfaat lain dari olahraga senam, di antaranya adalah menjadikan bentuk fisik lebih baik, menyehatkan jantung, menurunkan berat badan, mengoptimalkan fungsi otak, hingga menumbuhkan rasa percaya diri.

 DSC4212 DSC4212 DSC4212 DSC4212 DSC4212 DSC4212 DSC4212 DSC4212 DSC4212WhatsApp Image 2023 02 03 at 11.58.32


Cetak   E-mail