Pemenuhan Data Dukung Tarja, Kasubbag Humas, RB & TI Laksanakan Koordinasi

WhatsApp Image 2023 01 31 at 17.59.58

Jakarta - Guna menedapat penjelasan dalam pemenuhan data dukung Target Kinerja Kanwil Kemenkumham Kalbar, Kepala Subbagian Humas, RB, dan TI Zulzaeni Mansyur didampingi JFT Pranata Komputer dan JFU Pengelola Teknologi Informasi melaksanakan koordinasi pada Inspektorat Jenderal dan Sekretariat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM RI, Senin-Rabu (30/01-01/02).

Tim Kanwil Kalbar melakukan koordinasi pada Inspektorat Jenderal terkait APIP dan diterima langsung oleh Auditor Madya Tiarma Rosa Sinaga dan Auditor Pertama Mulyani Fitri. APIP adalah instansi pemerintah yang dibentuk untuk melaksanakan pengawasan internal (audit intern) di lingkungan pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Pada Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM bertindak selaku Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP).

Sebagai APIP, Inspektorat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM memiliki peran dalam melakukan pembinaan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dan mendorong peningkatan efektivitas manajemen risiko di lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. SPIP Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia merupakan Sistem Pengendalian Intern yang diselenggarakan secara menyeluruh terhadap proses perancangan dan pelaksanaan kebijakan, serta perencanaan, penganggaran, dan pelaksanaan anggaran di lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Keberhasilan penyelenggaraan SPIP dilakukan melalui Pengukuran Tingkat Maturitas dan Implementasi Manajemen Risiko. Hasil pengukuran tingkat maturitas SPIP diharapkan memberikan keyakinan memadai tentang kemampuan penyelenggaraan SPIP dalam mencapai peningkatan kinerja, transparansi, dan akuntabilitas pengelolaan keuangan negara di lingkungan pemerintah.

Tim kemudian melanjutkan koordinasi pada Biro Humas Sekretariat Jenderal terkait Sistem Informasi Pelayanan Publik (SIPP) dan diterima langsung oleh Pranata Humas Muda Zakaria dan Soni Hartanto serta Analis Pertimbangan Hukum Nur Laila. Pada Biro Humas, Tim Kanwil mendapatkan kejelasan mengenai pemberitaan pelayanan publik pada laman SIPPN.

Terakhir, Tim melaksanakan koordinasi pada Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) serta diterima oleh Pranata Komputer Muda Arie Susandra dan Pengelola Jaringan Dokumentasi Abdul Rahman. Tim Kanwil Kalbar bertanya tentang template website pada Unit Pelaksana Teknis (UPT) jajaran Kanwil Kalbar dan juga mengenai target kinerja Kanwil terkait aplikasi turunan Eselon I yang digunakan pada Kanwil dan UPT. Pada saat koordinasi Arie memberikan saran mengenai pendataan aplikasi-aplikasi yang dikembangkan oleh Kanwil Kalbar dan UPT untuk didaftarkan dan diverifikasi oleh Simdatin, hal ini dimaksudkan agar aplikasi tersebut terjamin keamanannya oleh Pusdatin.

WhatsApp Image 2023 01 31 at 11.56.13

WhatsApp Image 2023 01 31 at 11.56.13

WhatsApp Image 2023 01 31 at 11.56.13

WhatsApp Image 2023 01 31 at 11.56.13

WhatsApp Image 2023 01 31 at 11.56.13

WhatsApp Image 2023 01 31 at 11.56.13

WhatsApp Image 2023 01 31 at 11.56.13

Cetak