Serap Pengalaman WBBM KPPN Pontianak dan Jaga Kekompakan Melalui Fun Games

1

Pontianak – Lanjutkan agenda capacity building internalisasi reformasi birokrasi, Kanwil Kemenkumham Kalbar mengundang Agus Wahyudi selaku Kepala Seksi Manajemen Satker dan Kepatuhan Internal (MSKI) mewakili Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Pontianak untuk menjadi contoh sebagai satuan kerja yang meraih predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di Kota Pontianak.

Kegiatan yang digelar di Aula Hotel Dangau, Sabtu (25/06/22) ini bertujuan untuk melihat strategi KPPN Pontianak untuk menggapai predikat WBBM. Agus menyampaikan 3 pilar penting yang menjadi pondasi reformasi birokrasi di Kementerian Keuangan yaitu, penataan organisasi, penyempurnaan proses bisnis serta peningkatan disiplin dan manjemen SDM.

“Tiga pilar tersebut menghasilkan modernisasi layanan, peningkatan penerimaan, transparansi pengeluaran, akuntabilitas laporan sehingga menghasilkan public trust. Agus menyampaikan bahwa pembangunan Zona Integritas (ZI) tersebut berasal dari arahan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati yang menginginkan seluruh kantor di Kemenkeu berpredikat WBK/WBBM,” jelasnya

Agus kemudian memaparkan success story KPPN Pontianak yang berawal dari penentuan logo pembangunan ZI dan pencanangan tagline Mengawal APBN Membangun Negeri. “Secara strategis pembangunan ZI disusun melalui analisis masalah, inisiatif stretegis dan penentuan indikator keberhasilan. Salah satu keunggulan KPPN Pontianak adalah Inovasi dilakukan secara kontinu, Peduli lingkungan dan aktif dalam kegiatan sosial dan memberikan layanan melebihi harapan,” tambahnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan Fun Games yang dilakukan secara berkelompok. Seluruh kelompok diwajibkan menyusun puzzle dengan komposisi warna dan bentuk kata yang wajib berbeda. Selain kerja tim esensi dari games ini adalah melatih kerjasama antar kelompok untuk dapat saling membantu dan berkontribusi untuk mencapai hasil pekerjaan bersama. Harapannya melalui games ini JFT dan JFU dapat semakin membiasakan budaya kerjasama dan kolaborasi di Kanwil Kemenkumham Kalbar kedepannya. (Narasi/Foto: Alfian)

Dokumentasi:
1

1

1

1

1

1

1

1

1

1


Cetak   E-mail