Soft Entry Meeting BPK Atas Pemeriksaan Laporan Keuangan Kemenkumham TA 2020

IMG 6759

Pontianak - Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalbar, Fery Monang Sihite, dengan didampingi oleh Kepala Divisi Administrasi, Anggiat Ferdinan, Kepala Divisi Keimigrasian, Pamuji Raharja, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Toman Pasaribu, Para Pejabat Administrator, serta pegawai Pengelola Keuangan dan BMN mengikuti teleconference Soft Entry Meeting Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Pemeriksaan Laporan Keuangan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia TA 2020 secara virtual di Ruang Network Operation Control Kanwil Kemenkumham Kalbar, Senin (25/10). Turut hadir pula Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Pontianak, Tatang Suheryadin, dan Kepala Rumah Detensi Pontianak, Agus Suharto.

Narasumber pada enrty meeting kali ini adalah Auditor Utama Keuangan Negara I, Novy GA Pelenkahu. Lingkup dan sasaran pemeriksaan dilakukan atas akun-akun neraca pada Laporan Keuangan Kemenkumham Tahun 2020 per posisi 31 Desember 2020, dan realisasi anggaran selama periode TA 2020 beserta Catatan Atas Laporan Keuangan. Pemeriksaan juga dilakukan atas akun-akun laporan perubahan ekuitas per 31 Desember 2020 dan laporan operasional selama periode TA 2020.

Lingkup pemeriksaan meliputi juga realisasi refocussing kegiatan dan realokasi anggaran serta alokasi tambahan anggaran Kemenkumham dalam rangka penanganan pandemi Covid-19.

Adapun sasaran pemeriksaan diarahkan pada aspek-aspek yaitu :
1. Akun dan asersi yang menjadi fokus pemeriksaan sebagaimana tertuang dalam Tujuan dan Harapan Penugasan LK Kemenkumham Tahun 2020;
2. Perubahan kebijakan dan sistem akuntansi, serta pengembangan sistem informasi pelaporan keuangan selama Tahun 2020; dan
3. Pemantauan tindak lanjut atas rekomendasi BPK dalam Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Kemenkumham tahun-tahun sebelumnya.

IMG 6760

IMG 6760

IMG 6760

IMG 6760


Cetak   E-mail