Kakanwil Mengunjungi Sultan Pontianak

01

Pontianak – Jumat (13/03) Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Barat, Yudanus Dekiwanto, didampingi Kepala Sub Bagian Fasilitasi Pembentukan Produk Hukum Daerah, Dini Nursilawati, serta JFT Perancang Perundang-undangan Kanwil kalbar mengunjungi Sultan Pontianak Syarif Mahmud Melvin Alkadrie di kediaman beliau.

Kunjungan ini dilaksanakan dengan tujuan menyampaikan Proposal Analisis dan Evaluasi Hukum Kanwil Kemenkumham Kalbar dengan tema “Pancasila, Islam dan Regulasi”. Hal yang diangkat dalam proposal kajian ini adalah untuk mengetahui bagaimana sejarah perancangan lambang negara burung Garuda Pancasila oleh Sultan Hamid II, untuk mengetahui apakah lambang negara burung Garuda Pancasila mengandung nilai keislaman dalam proses
perancangannya, dan untuk mengetahui bagaimana nilai Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum negara menjiwai dalam setiap pembentukan
regulasi di daerah

Kegunaan kajian ini adalah Analisa dan Evaluasi mengenai Pancasila dalam kaitannya dengan Islam dan regulasi dapat memberikan manfaat bagi masyarakat yaitu pemahaman dan pengetahuan bahwa Islam dan Pancasila adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan sebab keduanya bertujuan untuk mewujudkan perdamaian di negara ini, serta mengenai Pancasila dalam kaitannya dengan Islam dan regulasi dapat memberikan manfaat kepada masyarakat yaitu pemahaman dan pengetahuan bahwa Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa dan menjadi sumber dari segala sumber hukum dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara.

Syarif Mahmud Melvin Alkadrie sangat meyutujui kegiatan kajian yang akan dilaksanakan oleh Kanwil Kemenkumham Kalbar. Beliau berharap melalui kajian ini bisa menjadi data mengenai keterlibatan Sultan Hamid II dalam perancangan lambang negara, yaitu Garuda Pancasila. (ft/nar:Humas)

Dokumentasi:

02

02

02

02

02

02

02

02

02

Cetak