RAKERNISPAS 2020 : RESOLUSI PEMASYARAKATAN DEMI TERCAPAINYA UPT PEMASYARAKATAN YANG BERPREDIKAT WBK/WBBM

1 Rakernispas2020

Pontianak – Rabu (19/02/2020) Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Barat (Kanwil Kemenkumham Kalbar) mengadakan Rapat Kerja Teknis Pemasyarakatan (Rakernispas) Tahun 2020 yang diikuti oleh seluruh Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan dilingkungan Kanwil Kemenkumham Kalbar.

Rakernispas ini dilaksanakan di Hotel Star Pontianak dan dijadwalkan selama 3 hari dari tanggal 19 s.d. 21 Februari 2020 dengan membawa tema “Percepatan Revitalisasi, Pencapaian Target Kinerja Dan Resolusi Pemasyarakatan Demi Tercapainya UPT Pemasyarakatan Yang Berpredikat WBK/WBBM”.

Turut hadir dalam pembukaan Rakernis, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalbar, Yudanus Dekiwanto, Direktur Bimbingan Kemasyarakatan dan Pengentasan Anak, Budi Sarwono, selaku Narasumber serta Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham Kalbar, Anggiat Ferdinand.

Dalam laporannya, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Kalbar, Suprobowati, selaku Ketua Panitia Rakernis mengatakan bahwa maksud diselenggarakannya Rakernispas Tahun 2020 ini adalah guna meningkatkan kinerja dan sinergi kebijakan bagi Kepala UPT Pemasyarakatan dalam mewujudkan percepatan Revitalisasi dan Resolusi Pemasyarakatan serta pencapaian target kinerja Pemasyarakatan Tahun 2020.

Selain itu, tujuan Rakernispas ini adalah untuk mewujudkan Pemasyarakatan Corporate University sebagai inovasi publik Pemasyarakatan dan mewujudkan Zona Integritas pada UPT Pemasyarakatan untuk dapat berpredikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) serta Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Yudanus Dekiwanto dalam sambutannya saat membuka Rakernis mengatakan bahwa Rapat Kerja Teknis merupakan wadah untuk saling menyatukan tekad dan menguatkan diri agar mencapai tujuan dalam rangka mewujudkan percepatan penyelenggaraan Revitalisasi Pemasyarakatan dan Resolusi Pemasyarakatan Tahun 2020 serta sebagai bentuk forum untuk penyusunan strategi dalam penyelesaian Target Kinerja Pemasyarakatan Tahun 2020 ini.

“Rapat Kerja Teknis Pemasyarakatan di Wilayah Kalimantan Barat ini juga dimaksudkan untuk menjaga Soliditas, Kebersamaan dan Bersatu menuju pemasyarakatan lebih baik, lebih kuat dan profesional disamping dapat meningkatkan kinerja Divisi Pemasyarakatan beserta Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan Kalimantan Barat dalam merampungkan program dan capaian target kinerja pemasyarakatan Tahun 2020. Tentunya, dengan peningkatan kinerja dimaksud akan berdampak baik dan positif dalam mengurai isu – isu pelik dan klasik di tubuh pemasyarakatan”, ujar Yudanus Dekiwanto lebih lanjut.

Menutup sambutannya, Yudanus Dekiwanto berharap melalui kegiatan ini para Kepala Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan Kalimantan Barat dapat meningkatkan kompetensi diri dan memiliki pemahaman yang komprehensif terhadap semua tantangan dan persoalan pemasyarakatan baik di masa sekarang maupun kedepannya, bukan hanya sekadar memberikan bekal wawasan saja.

Setelah secara resmi membuka Rakernis, Yudanus Dekiwanto dan para undangan lainnya turut menyaksikan penandatangan Perjanjian Kinerja Tahun 2020 oleh Kepada UPT Pemasyarakatan se-Kalbar sebagai bentuk pertanggungjawaban para Kepala UPT Pemasyarakatan untuk dapat mewujudkan target kinerja tahun 2020 yang telah disusun sebelumnya. (ft/nar : eth_)

DOKUMENTASI :

2 Rakernispas20202 Rakernispas20202 Rakernispas20202 Rakernispas20202 Rakernispas20202 Rakernispas20202 Rakernispas20202 Rakernispas2020

Cetak