Kakanwil Ajak Pelamar CPNS Kemenkumham Kalbar Ikuti Upacara Peringatan Bela Negara

WhatsApp Image 2019 12 19 at 08.41.36

PONTIANAK – Ada yang berbeda dalam Upacara Peringatan Hari Bela Negara pada Tahun 2019 ini. Selain diikuti oleh Pimpinan Tinggi Pratama, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) se-Pontianak dan Kubu Raya, serta ASN jajaran Kanwil Kemenkumham Kalbar, Upacara yang digelar di halaman kanwil ini juga turut diikuti oleh pelamar CPNS di Lingkungan Kanwil Kemenkumham Kalbar Tahun Anggaran 2019.

Peringatan Hari Bela Negara kali ini mengambil tema “Bela Negara Untuk Kemakmuran Rakyat.” Yudanus Dekiwanto membacakan amanat Sekretaris Jenderal Dewan Ketahanan Nasional Laksamana Madya TNI Achmad Djamaludin.

Kakanwil mengungkapkan bahwa tantangan yang dihadapi bangsa ini semakin hari semakin berat dan beragam bentuknya. Perang modern bukan hanya perang yang melibatkan militer. Namun justru perang yang melibatkan seluruh aspek kehidupan.

“Bukan hanya militer yang punya tanggungjawab untuk menjaga ketahanan Indonesia, namun juga seluruh komponen bangsa harus terlibat,” tegasnya.

Seluruh ancaman, gangguan hambatan dan tantangan hanya bisa diatasi dengan keberagaman keahlian yang saling terkait dan mengisi. Disinilah terletak relevansi tekad kita untuk mewujudkan SDM unggul demi kemajuan Indonesia. Hal tersebut, harus berlandaskan pancasila. “Karena Pancasila adalah visi final bangsa dan Negara Indonesia yang menghendaki pembangunan manusia yang paripurna,” ujar Kakanwil.

Terkait dengan pelamar CPNS yang mengikuti Upacara Bela Negara, Kakanwil mengungkapkan bahwa hal tersebut merupakan inisiatif Kanwil Kemenkumham Kalbar guna menanamkan rasa Nasionalisme kepada para pelamar.

“Ya karena proses pemeriksaan dokumen asli dan pengukuran tinggi badan bagi para pelamar CPNS yang bertepatan dengan Pelaksanaan Upacara Bela Negara, jadi kita berinisiatif untuk mengajak teman-teman para pelamar untuk ikut upacara juga,” ujar Yudanus Dekiwanto saat kami temui diruang kerjanya.

”Ini moment yang pas. Dalam sambutan tadi juga ada korelasinya bagi para pelamar. Kedepannya mereka-mereka ini juga akan menjadi bagian dari abdi negara,” jelasnya.

Mengutip isi sambutan Peringatan Hari Bela Negara 2019, Yudanus Dekiwanto mengatakan “Aksi Nasional Bela Negara juga melengkapi keahlian SDM kita dengan pengamalan nilai-nilai bela negara yang meliputi cinta tanah air, kesadaran berbangsa dan bernegara, kesetiaan dan keyakinan kepada Pancasila sebagai ideologi negara”. (Humas Kemenkumham Kalbar)

Dokumentasi :

belneg20192

belneg20192

belneg20192

belneg20192

belneg20192

belneg20192


Cetak   E-mail