Home

Profil

Satuan Kerja

Produk Hukum

Layanan Publik

Pusat Informasi

Survey IKM

Artikel

Pencarian Data

WhatsApp Image 2019 11 07 at 22.27.04

Kuching-Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Barat, Yudanus Dekiwanto, mendampingi Direktur Jenderal Imigrasi Kemenkumham RI, Ronny F Sompie dalam kunjungan kerjanya ke Kuching, Sarawak, Malaysia, Selasa (5/11).

Direktorat Jenderal Imigrasi Indonesia (Ditjen Imigrasi) dan Jabatan Imigresen Malaysia (JIM) melaksanakan kegiatan Indonesia-Malaysia Immigration Consultation untuk yang kedua kalinya, setelah pertemuan yang serupa juga sudah dilakukan di Batam, Indonesia, Tahun 2018 lalu.

Dalam kegiatan tersebut, Ditjen Imigrasi Indonesia langsung dipimpin oleh Direktur Jenderal Imigrasi Kemenkumham RI Ronny F. Sompie, sedangkan pihak Keimigrasian Malaysia (JIM) dipimpin oleh Ketua Pengarah Imigresen Malaysia Dato' Indera Khairul Dzaimee Bin Daud dan dihadiri oleh semua delegasi instansi Imigrasi kedua negara.

Pertemuan ini merupakan satu medium dan platform dalam rangka mempererat hubungan antar agensi keimigrasian untuk membincangkan isu-isu yang berkaitan dengan permasalahan keimigrasian serta penanganannya melalui kerjasama kedua instansi yang menangani tugas dan fungsi keimigrasian di kedua negara.

Fokus utama pembahasan meliputi isu-isu berkaitan dengan permasalahan perbatasan, seperti kesepakatan dalam manajemen wilayah perbatasan, pengawasan mobilitas orang yang keluar masuk melalui perbatasan antara Indonesia dan Malaysia, perlindungan warga negara khususnya para pekerja migran dan keluarga seperti pengurusan izin tinggal, pembuatan kesepakatan kerja sama, pelaksanaan pelatihan bersama dan peningkatan kapasitas sumber daya para pegawai Imigrasi dari kedua negara.

Pengurusan Pendatang Asing Tanpa Izin (PATI) juga dibahas sebagai bagian yang berkelanjutan atas upaya Ditjen Imigrasi Indonesia memberikan perlindungan kepada pekerja migran Indonesia di Malaysia dan bagian dari pembahasan mengenai isu-isu permasalahan pada rumah detensi di Malaysia serta langkah-langkah untuk membantu mempercepatkan pengurusan proses pemulangan warga Indonesia yang bermasalah dengan hukum dari Malaysia kembali ke Indonesia.

Selain itu, isu perdagangan manusia dan sindikatnya juga dibahas serta pembahasan pembuatan kerjasama strategik yang dapat diimplementasikan pada masa akan datang.

Kedua instasi dibidang keimigrasian ini juga menyadari keterkaitan erat dengan kerjasama instasi lainnya terutama untuk pengambilan keputusan tentang solusi terhadap permasalahan ketenagakerjaan.

Oleh karena itu, masing-masing instansi telah menunjuk seorang penghubung yang dapat meneruskan komunikasi diantara kedua instansi dalam menyelesaikan permasalahan yang telah disepakati dalam pertemuan tersebut.

Disela kunjungan kerjanya, Dirjen Imigrasi beserta rombongan juga berkesempatan mengunjungi Pos Lintas Batas Negara Entikong untuk meninjau pelayanan diperbatasan dan melihat bangunan baru Kantor Imigrasi Kelas II TPI Entikong yang rencananya akan diresmikan oleh Menkumham RI, Yasonna H Laoly, 14 November mendatang. (humas)

Dokumentasi :

WhatsApp Image 2019 11 07 at 22.27.24

WhatsApp Image 2019 11 07 at 22.27.23 1

WhatsApp Image 2019 11 07 at 22.27.23

WhatsApp Image 2019 11 07 at 22.27.17

WhatsApp Image 2019 11 07 at 22.27.21

WhatsApp Image 2019 11 07 at 22.27.18 1