Lapas Kelas IIA Pontianak Wakili Kalimantan Barat Pada Kegiatan 34th Trade eXpo Indonesia 2019

1 trade expo

Serpong, Tanggerang Selatan. Lapas Kelas IIA Pontianak, ikut serta dalam kegiatan 34th Trade eXpo Indonesia 2019 yang diselenggarakan di Indonesia Convention Exhibition BSD mulai tanggal 16 - 20 Oktober 2019. Lapas Kelas IIA Pontianak, manjadi satu-satunya perwakilan dari Provinsi Kalimantan Barat, dibekali dengan hasil kerajinan industri anyaman tikar kayu & tempat tisu. Lapas kelas IIA Pontianak, memperkenalkan kerajinan khas yang dibuat dari limbah kayu jabon.

Anyaman tikar kayu ini dibuat dengan beragam jenis motif, mulai dari motif dayak, motif wajid, dan motif bintang. Selain itu, Lapas Kelas IIA Pontianak juga memperkenalkan produk industri lainnya, berupa kotak tisu yang dibuat dari bahan sisa limbah tikar kayu, dan beberapa jenis kayu lainnya.

Hasil kerajinan industri berupa kotak tisu diperkenalkan kepada Dirjen Pemasyarakatan, Sri Puguh Budi Utami yg di dampingi oleh Direktur Pembinaan Narapidana dan Latihan Kerja Produksi, Yunaedi pada kegiatan 34th Trade eXpo Indonesia 2019. Tampak hadir juga Direktur Pelayanan dan Pengelolaan Basan dan Baran, Heni Yuwono beserta Direktur Bimbingan Kemasyarakatan dan Pengetasan Anak, Budi serta Kepala Biro Perencanaan Kementerian Hukum dan HAM RI, Iwan Kurniawan yang memantau hasil karya warga binaan.

Terlibatnya Lapas Kelas IIA Pontianak sebagai lapas industri dalam kegiatan 34th Trade eXpo Indonesia 2019, ini menjadikan langkah awal serta membuka peluang dalam memasarkan serta memperkenalkan produk hasil warga binaan, baik secara nasional maupun internasional

Hasil kerajianan warga binaan Lapas Kelas IIA Pontianak berupa Anyaman tikar kayu juga menarik perhatian para turis-turis dari mencanegara, diantaranya adalah turis yang berasal dari Sudan, Afrika. Harapan kedepannya tidak hanya di Afrika, hasil kerajinan warga binaan Lapas Kelas IIA Pontianak ini juga dapat di ekspor keluar negeri secara terus-menerus dan bersaing dengan kerajinan lainnya di pasar nasional dan internasional

Dtambah dukungan dan motivasi dari himpunan pengusaha Indonesia yg di wakili Samsyudin Said (orang tua kandung Wakil Walikota Palu, Pasha Ungu) yg berkunjung langsung melihat hasil olahan warga binaan, terutama olahan tikar kayu.

Dokumentasi:

5 trade expo

5 trade expo

5 trade expo

5 trade expo

Cetak