Home

Profil

Satuan Kerja

Produk Hukum

Layanan Publik

Pusat Informasi

Survey IKM

Artikel

Pencarian Data

WhatsApp Image 2019 10 01 at 11.13.35

Pontianak-Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Barat (Kakanwil Kemenkumham Kalbar), Yudanus Dekiwanto didampingi Pimpinan Tinggi Pratama dan Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) se-Pontianak dan Kubu Raya, mengunjungi Kantor Gubernur Kalbar, Selasa (01/10).

Kunjungan tersebut diterima langsung oleh Gubernur Kalbar, Sutarmidji diruang kerjanya dan didampingi Kepala Biro Hukum , Suherman.

Dalam pertemuan penuh nuansa kekeluargaan, Kakanwil menjelaskan rencana kegiatan yang akan dilaksanakan Kanwil Kemenkumham Kalbar dalam waktu dekat ini. Diantaranya, penganugerahan desa/kelurahan sadar hukum, Peresmian Kantor Imigrasi Kelas II Entikong dan Lapas Perempuan Kelas IIA Pontianak, yang diagendakan pada Bulan Oktober.

Yudanus Dekiwanto mengatakan, peresmian Kanim Kelas II TPI Entikong dan Lapas Perempuan Kelas IIA Pontianak akan disandingkannya dengan kegiatan penganugerahan desa/kelurahan sadar hukum kepada 117 Kepala Desa.

“Rencananya kita mau mengundang Menkumham dan Pejabat Eselon I di Kemenkumham Pusat pak. Mengingat posisi kedua kantor ini sangat jauh, ada baiknya kita laksanakan di Balai Petitih Kantor Gubernur. Jadi Pak Menteri dan rombongan dalam satu kesempatan bisa menyelesaikan kegiatan disatu tempat,” ujar Kakanwil.

“Nanti prasasti peresmiannya yang kita bawa ke sini untuk ditandatangani. Sebelum ditandatangani, kita juga akan tampilkan video singkat kondisi bangunan baru yang akan diresmikan tersebut,” ucap Dekiwanto menambahkan.

Menanggapi hal tersebut, Sutarmidji menyambut baik rencana kegiatan yang telah disampaikan Kakanwil. Ia mengatakan untuk segala sesuatunya tentang persiapan peresmian untuk dapat dikoordinasikan kepada Sekretaris Daerah. Sedangkan untuk penganugerahan desa/kelurahan sadar hukum, dapat dikoordinasikan kepada Biro Hukum

Kakanwil juga menambahkan bahwa Kopi Asiang yang terkenal di Pontianak sudah didaftarkan pada Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (Ditjen KI). Untuk selanjutnya akan diserahkan sertifikat Hak Merk kepada pemilik Kopi Asiang tersebut.

Selain itu, untuk indeks geografis, Dekiwanto mengungkapkan bahwa pihaknya sudah memetakan apa-apa saja yang berpotensi untuk didaftarkan pada Ditjen KI.

“Lebih lanjut kita akan jemput bola kepada pemerintah daerah untuk membantu mendorong potensi itu,” kata Dekiwanto.

Pada kesempatan ini pula Kakanwil dan jajaran mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Kalbar yang telah menyambut baik pertemuan ini dengan begitu antusias dan mendukung penuh upaya Kanwil Kemenkumham Kalbar untuk turut serta dalam pembangunan daerah.

Sebelum mengakhiri kunjungannya, Sutarmidji mengajak Kakanwil beserta rombongan untuk melihat command center. Dimana laporan-laporan dari masyarakat akan diterima di command centre dan seterusnya akan diteruskan ke masing-masing unit yang mendapatkan laporan. (ft/nar:etH/iQs)

Dokumentasi :

6 kegubernur2019

6 kegubernur2019

6 kegubernur2019

6 kegubernur2019

6 kegubernur2019

6 kegubernur2019

WhatsApp Image 2019 10 01 at 13.13.19 1