Upacara Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke-54 Tahun 2018 : Wujudkan Reformasi Pelayanan Kepada Masyarakat

BhaktiPas54 cov

PONTIANAK – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Barat menggelar Upacara Peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke-54 Tahun 2018 yang dilaksanakan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Pontianak.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalbar, Rochadi Iman Santoso, memimpin langsung jalannya upacara tersebut, bertindak selaku komandan upacara, Huzaifah Makmur Hidayah (Karutan Mempawah) dan pembaca sejarah singkat Pemasyarakatan, Drs. Tholib, SH, MH (Kepala Divisi Pemasyarakatan).

“Sebagai bagian dari pemerintah, Pemasyarakatan wajib memberikan pelayanan sebaik-baiknya serta tetap menumbuh kembangkan sikap aspiratif, transparan, responsif terhadap situasi dan perubahan yang terjadi pada lingkungan strategis, serta mampu menciptakan harmonisasi terhadap berbagai perbedaan yang terjadi dalam pelaksanaan tugas”, ujar Rochadi saat membacakan sambutan dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI.

“Kebijakan perubahan terhadap pelayanan pemberian hak kepada Warga Binaan Pemasyarakatan berbasis Teknologi Informasi merupakan bukti dari adanya reformasi terhadap pelayanan kepada masyarakat dimana layanan yang diberikan menjadi tidak sulit, tidak berbelit dan tidak rumit, merubah hari menjadi menit”, lanjut Rochadi.

Dalam rangkaian upacara peringatan tersebut, Rochadi juga menandatangani nota kesepakatan bersama (MoU) Kanwil Kemenkumham Kalbar dengan pihak Dinas Kesehatan Prov. Kalbar dalam rangka Pencegahan dan Penanggulangan HIV/AIDS serta dengan pihak perwakilan Bank Indonesia untuk Bantuan Pengembangan UMKM terutama bantuan pelatihan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan.

Dilanjutkan dengan penandatanganan MoU pihak Balai Pemasyarakatan Pontianak dengan Panti Asuhan Uswatun Hasanah mengenai Pelaksanaan Program Bimbingan Kerohanian Klien Anak Bapas Pontianak, dengan pihak Penggiat Konservasi dan Pengembangan Komunitas Mandiri (PERVASI) mengenai Penyenggaraan Bimbingan Kepribadian dan Kemandirian Bagi Klien Bapas Pontianak, serta MoU dengan pihak Rehabilitasi Sosial Berbasis Masyarakat Bumi Khatulistiwa tentang Pelaksanaan Kerja Sosial Untuk Program Rehabilitasi Klien Bapas Pontianak.

Setelah upacara berakhir, Rochadi juga berkesempatan meresmikan dashboard Strategic Information System Kanwil Kemenkumham Kalbar yang berbasis web yang mampu menampilkan informasi-informasi strategis didalam cakupan Kanwil Kemenkumham Kalbar baik itu di bidang Pemasyarakatan, Imigrasi, Pelayanan Hukum serta bidang Administratif.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penampilan seni tari yang dibawakan oleh Warga Binaan Pemasyarakatan yang membawakan tarian khas dayak serta oleh CPNS dari Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Pontianak yang membawakan tarian tiga etnis yang melambangkan keberagaman dan keharmonisan di Kalimantan Barat.

Rochadi kemudian memberikan bingkisan kepada para Purnabhakti Pemasyarakatan serta menyerahkan piala kepada para pemenangan lomba olahraga yang diselenggarakan sebelumnya dalam menyambut Hari Bhakti Pemasyarakatan Ke-54 ini. Acara ditutup dengan pemotongan tumpeng oleh Kakanwil yang memberikan potongan tumpeng tersebut kepada pegawai termuda dan tertua di lingkungan Pemasyarakatan. (nar/ft : humas_eth)

BhaktiPas54 1BhaktiPas54 1BhaktiPas54 1BhaktiPas54 1BhaktiPas54 1BhaktiPas54 1BhaktiPas54 1BhaktiPas54 1


Cetak   E-mail