Panen Jagung Hasil Bercocok Tanam WBP Rutan Bengkayang

WhatsApp Image 2020 09 16 at 14.57.27

Bengkayang - Fungsi Lapas/Rutan sebagai tempat pembinaan banyak mendapat tanggapan positif dari masyarakat. Sangat berbeda jauh dengan sistem kepenjaraan zaman dahulu dimana pada saat itu efek jera sangat ditekankan kepada para narapidana sedangkan saat ini pada sistem Pemasyarakatan, fokus terhadap pelayanan serta pembinaan terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Pembinaan yang diberikan sebagai salah satu tujuan utama Pemasyarakatan guna mempersiapkan para WBP disaat bebas nanti memiliki keahlian dan terampil serta produktif sehingga bisa membuka peluang usaha sendiri. Ini salah satu keberhasilan para petugas dalam memberikan pembinaan kepada para WBP baik yang ada di Lapas/Rutan misalnya dalam kegiatan pertanian dan perkebunan, seperti yang di lakukan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Bengkayang.

Pembinaan terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Kelas IIB Bengkayang dalam bidang pertanian akhirnya membuahkan hasil. Rabu (16/09/2020) Kepala Rutan Bengkayang, Chandra Wiharto beserta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bengkayang dan Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkayang melakukan panen Jagung dari hasil bercocok tanam WBP Rutan Bengkayang. Keberhasilan Rutan Bengkayang dalam memanfaatkan lahan kosong yang dimiliki untuk bercocok tanam dan berkebun sayur-sayuran tidak lepas dari dukungan dari kerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkayang, dalam hal ini Dinas Pangan, Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Bengkayang.
Dengan didikan dari Petugas Penyuluh Pertanian Kacamatan Lumar dan Petugas Rutan Bengkayang yang mempunyai pengalaman khusus dibidangnya ditambah dengan kegigihan para WBP yang ingin belajar serta ditambah beberapa yang sudah punya keahlian bersama-sama menjadikan lahan Rutan Bengkayang menjadi hijau dan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat.

"Kegiatan berkebun ini sejalan dengan Deklarasi Resolusi Pemasyarakatan Tahun 2020 yaitu Mewujudkan Ketahanan Pangan melalui Penanaman Tanaman Panga. Selain itu bertujuan untuk mengisi kegiatan kerja WBP , jika panen kan bisa dimanfaatkan, hasilnya bisa dinikmati para WBP dan juga petugas sendiri dan bisa juga dijual kepada pihak ketiga yang siap menerima hasil kebun tersebut”. Ujar Karutan. (fto/ nar: rh)

WhatsApp Image 2020 09 16 at 14.57.22

WhatsApp Image 2020 09 16 at 14.57.22

WhatsApp Image 2020 09 16 at 14.57.22

WhatsApp Image 2020 09 16 at 14.57.22

WhatsApp Image 2020 09 16 at 14.57.22

Dilihat: 436
Cetak