Pembukaan Pekan Olahraga Pemasyarakatan Kalbar 2024: Sinergi Menuju Prestasi Terbaik

1 Pontianak, Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Kalimantan Barat (Kalbar) resmi membuka Kegiatan Pekan Olahraga Pemasyarakatan (POP) dengan penuh semangat dan antusiasme, Rabu (24/04)

Bertempat di Lapangan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas IIA Pontianak, acara pembukaan ini dihadiri oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan Hernowo Sugi Astanto, Kepala Unit Pelaksana Teknis Kota Pontianak, para atlet, petugas pemasyarakatan, serta warga binaan dengan tujuan untuk meningkatkan solidaritas dan sinergitas dalam optimalisasi penyelenggaraan tugas dan fungsi pemasyarakatan.

Dalam sambutannya, Kepala Kanwil Kemenkumham Kalbar Muhammad Tito nadrianto menyampaikan bahwa penyelenggaraan POP ini merupakan implementasi dari Undang-Undang Pemasyarakatan, yang memberikan hak bagi tahanan dan narapidana untuk mendapatkan pendidikan, pengajaran, kegiatan rekreasi, serta kesempatan mengembangkan potensi.

“Kegiatan ini menjadi rangkaian peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-60, dengan tujuan untuk menanamkan jiwa sportivitas, serta meningkatkan minat dan bakat olahraga dan kesenian bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lapas, Rutan, dan LPKA,” ujar Tito.

Dirinya menambahkan tujuan dari penyelenggaraan POP ini diantaranya untuk meningkatkan silaturahmi antara petugas pemasyarakatan serta kualitas pelayanan terhadap tahanan dan narapidana.

“Dengan kegiatan ini juda dapat menumbuhkan kreativitas bagi warga binaan agar tetap dapat mengukir prestasi walaupun berada di dalam jeruji. Memberikan sarana rekreasi untuk menjaga imunitas tubuh serta kesehatan fisik dan mental warga binaan pemasyarakatan,” ucap Tito.

Mengakhiri sambutannya, Kakanwil menyampaikan harapan agar seluruh atlet dapat bertanding dengan semangat dan sportivitas, serta meraih prestasi setinggi-tingginya. Semua prestasi diharapkan dapat dicapai dengan menjaga semangat kebersamaan dan persaudaraan.

“Saya diharapkan bahwa Pekan Olahraga Pemasyarakatan (POP) Wilayah Kalimantan Barat Tahun 2024 akan sukses dan meriah dengan dukungan penuh dari seluruh pihak yang terlibat,” tutupnya.

Pembukaan POP tahun 2024 di Lingkungan Kanwil Kemenkumham Kalbar ini ditandai dengan penyerahan piala bergilir kepada ketua panitia penyelenggara serta pelepasan Balon serta Burung Merpati oleh Kepala Kantor Wilayah Muhammad Tito Andrianto. Dokumentasi :

11111111111111111111


Cetak   E-mail