Kadiv Pelayanan Hukum dan HAM Kemenkumham Kalbar Apresiasi Keberlanjutan Layanan Berbasis HAM Lapas Singkawang

1

Singkawang - Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM (Kadiv YankumHAM) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) Kalimantan Barat (Kalbar), Eva Gantini bersama Kepala Bidang Pelayanan Hukum, Muhayan melakukan kunjungan ke Lapas Kelas IIB Singkawang pada hari ini, Selasa (23/04).

Kunjungan ini bertujuan untuk memastikan bahwa layanan di Lapas Singkawang yang telah memiliki penghargaan Pelayanan Publik berbasis HAM pada Tahun 2023 dapat mempertahankan predikatnya dengan nyata dan berdampak.

"Selamat sebelumnya atas penghargaan ini karena tidak banyak UPT Pemasyarakatan yang mendapatkan prestasi ini. Komitmen pimpinan juga nyata berdampak di fasilitas yang sudah sangat baik di Lapas Singkawang. Secara khusus juga saya mengapresiasi kepada para operator yang telah disiplin memenuhi data dukung yang diperlukan," ujar Eva.

Dirinya juga mengingatkan agar prestasi ini dipertahankan, karena dalam waktu dekat terdapat hal-hal yang perlu dipersiapkan.

Kadiv YankumHAM beserta rombongan disambut langsung oleh Kepala Lapas Kelas IIB Singkawang, Priyo. Sebelumnya Eva meninjau berbagai fasilitas Lapas Singkawang, seperti gerbang pengamanan utama, klinik, ruangan laktasi, toilet disabilitas hingga ruang layanan.

"Luar biasa Lapas Singkawang memiliki layanan klinik seperti IGD, semoga hal-hal baik seperti ini dapat menjadi contoh bagi satuan kerja yang lainnya," pesannya.

Eva juga berdialog dengan para staf Lapas Singkawang untuk memberikan penguatan terkait layanan berbasis HAM. Ia menekankan pentingnya pemenuhan hak-hak WBP dan pelayanan yang humanis di Lapas Singkawang.

"Setiap petugas wajib memberikan pelayanan berbasis HAM. Mulai dari komitmen secara tertulis hingga pelayanan yang diberikan sehari-hari, hingga memberikan senyuman terbaik baik itu kepada yang masih muda maupun yang sudah berumur, " pesan Eva.

Beliau juga berpesan kepada para staf Lapas Singkawang untuk selalu memberikan pelayanan terbaik kepada para WBP dengan penuh rasa hormat dan peduli.

Kunjungan Eva ke Lapas Singkawang diharapkan dapat meningkatkan kualitas layanan dan memastikan pemenuhan hak-hak WBP di Lapas Singkawang. (Alf)

11111111111


Cetak   E-mail