Buka Rapat TIM PORA Tingkat Provinsi, Kakanwil : Satukan Persepsi Dalam Pengawasan

 COVER TIMPORA2019YUDANUS

Pontianak – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Barat melalui Divisi Keimigrasian menggelar Rapat Tim Pora Provinsi Se-Kalimantan Barat Tahun 2019 pada hari Rabu, 18 September 2019. Kegiatan ini dilangsungkan di Aula Kanwil Kemenkumham Kalbar.

Rapat ini diikuti sebanyak 50 orang peserta dari unsur Intelijen TNI-Polri, Kejaksaan, BNNP, Bea dan Cukai, BAIS, Imigrasi, Dirjen Pajak, Kemenag dan instansi Pemerintah Daerah Prov. Kalbar lainnya yang merupakan anggota Tim Pengawasan Orang Asing. Serta dihadiri pula oleh Pimpinan Tinggi Pratama Kanwil Kemenkumham Kalbar dan Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Keimigrasian se-Kalbar.

Ketua penyelenggara Rapat Tim Pora, Subandriani menyampaikan, maksud dari pelaksanaan kegiatan rapat Tim Pora adalah melakukan pertukaran informasi antara anggota Tim Pora tentang keberadaan dan kegiatan orang asing di wilayah Kalbar yang sangat memerlukan perhatian khusus, sedangkan tujuannya adalah untuk meningkatkan sinergitas antara instansi pemerintah yang terkait dengan permasalahan orang asing dan masing-masing instansi aktif mengambil peran dalam pengawasan orang asing sesuai dengan tusi Kementerian atau Lembaga serta aktif kegiatan di intensitas komunikasi dan kolaborasi dari berbagai kegiatan di lapangan.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalbar, Yudanus Dekiwanto saat membuka rapat mengatakan, antar instansi terkait harus saling berkoordinasi dalam rangka menyamakan persepsi dalam hal pengawasan kegiatan orang asing di daerah sesuai dengan bidang tugasnya masing-masing.

Menurutnya, Kalbar merupakan wilayah yang berbatasan langsung dengan negara lain, sehingga menjadikan wilayah Kalbar sebagai tujuan transit lalu lintas orang asing dan barang. Maka sangat berpotensi dengan tindakan ilegal, misalnya human trafficking, penyelundupan narkoba serta perbuatan yang dapat mengancam stabilitas negara.

“Saya harap, peran TIM PORA Tingkat Provinsi juga mampu memberikan penguatan terhadap TIM PORA di Kabupaten/Kota, bahkan pada Tingkat Kecamatan. Sehingga pengawasan orang asing di wilayah kita dapat berjalan sampai pada lapisan terbawah pada masyarakat,” ujar Yudanus Dekiwanto mengakhiri sambutannya.

Usai pembukaan rapat oleh Kakanwil, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan dan penjelasan terkait upaya-upaya pengawasan dengan narasumber Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Kalbar, Husni Thamrin dan Pabandya Penyelidikan Sinteldam XII/TPR, Mayor Inf. Faizal Rangkuti. (ft/nar:iQs)

Dokumentasi :

PES8 TIMPORA2019YUDANUS

PES8 TIMPORA2019YUDANUS

PES8 TIMPORA2019YUDANUS

PES8 TIMPORA2019YUDANUS

PES8 TIMPORA2019YUDANUS

PES8 TIMPORA2019YUDANUS

PES8 TIMPORA2019YUDANUS

PES8 TIMPORA2019YUDANUS

PES8 TIMPORA2019YUDANUS

PES8 TIMPORA2019YUDANUS

PES8 TIMPORA2019YUDANUS

AKHIR TIMPORA2019YUDANUS

AKHIR TIMPORA2019YUDANUS


Cetak   E-mail