Lapas Klas IIA Pontianak Buka Kelas Inkubator Angkatan Tiga

Selasa, 15 September 2015

Kubu Raya (Kumham Kalbar) - Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Pontianak bekerja sama dengan Bank Indonesia perwakilan Kalbar dan Lembaga Swabina Prakarsa kembali membuka kelas pelatihan angkatan ke-3 bagi warga binaan pemasyarakatan Lapas Klas IIA Pontianak.
ponti-635x350
"Alhamdulillah, program pelatihan wirausaha Inkubator Bisnis di Lapas Kelas IIA Pontianak ini masih bisa terus berlanjut dan sudah memasuki angkatan ke-3 dimana untuk program pelatihannya dimulai hari ini," kata Kalapas Klas IIA Sungai Raya Pontianak, Sunarto B di Sungai Raya.


Dia menjelaskan, pada angkatan ke-3 itu diikuti sebanyak 40 orang warga binaan yang telah diseleksi oleh pihak Lapas untuk mengikuti masa pelatihan selama enam bulan, "Dari evaluasi yang kita lakukan, program inkubator bisnis ini memberikan manfaat besar bagi warga binaan kita, karena selama mengikuti pelatihan itu, mereka mendapatkan semua keterampilan wirausaha secara komplit,"tuturnya.

Sunarto mengatakan, dari beberapa warga binaan pemasyarakatan yang telah menghabiskan masa pidana dari lapas tersebut, mereka sudah bisa membuka usaha sendiri dan dapat dengan mudah membaur serta beradaptasi dengan masyarakat, "Itu yang menjadi harapan utama kita, dimana setelah mengikuti program ini dan setelah bebas, mereka bisa membuka peluang usaha dan tidak kembali terlibat dalam tindak kriminal," katanya.

 

Dia menambahkan, saat ini Inkubator Bisnis Bank Indonesia yang ada di Lapas Kelas IIA Pontianak sudah menjadi percontohan untuk lapas lainnya yang ada di Indonesia, "Makanya, sebagai pilot project, program pelatihan kewirausahaan ini tentu menjadi salah satu program pembinaan unggulan kita dan akan terus kita kembangkan," kata Sunarto. (Narasi_humas Kanwil / Dok.Humas_Kanwil)

 

 


Cetak   E-mail